Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Sapu Jagat Tema 7 Subtema 1 Kelas V UPTD SDN Jaddih 1 Socah Bangkalan
    Penulis : Ayu Adi Widya Nur Arasyi
    Dosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Aditya Dyah Pusputasari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Media pembelajaran merupakan salah satu penunjang pembelajaran yang penting. Media yang dikembangkan pada penelitian ini adalah media dua dimensi yang berisikan materi tema 7 sub tema 1 dari semua mata pelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Sugiyono yang telah dimodifikasi dari model pengembangan Borg and Gall (2014: 298). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil kevalidan media memperoleh rata-rata sebesar 89,4% dari validasi media,desain pembelajaran, materi, dan bahasa dengan katergori sangat valid; (2) hasil kepraktisan media memperoleh rata-rata yaitu 88,92% dengan kategori praktis; dan (3) hasil keefektifan berdasarkan tes hasil belajar (post test) siswa 92,5% pada kategori tuntas, sehingga media pembelajaran dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Kartu Sapu Jagat yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran Kartu Sapu Jagat, Tema 7 Subtema 1, Model Pengembangan Borg and Gall

    Abstraction

    Learning media is an important learning support. The media developed in this study are two-dimensional media that contained theme 7 sub-theme 1 materials from all subjects. This development study uses the Sugiyono development model which has been modified from the Borg and Gall development model (2014: 298). The results of this study indicate that: (1) the results of media validity obtained an average of 89.4% of the validation of the media, design of learning, material, and language with a very valid category; (2) the results of media practicality obtained an average of 88.92% with the practical category; and (3) the results of effectiveness based on 92.5% student achievement test (post test) in the complete category, so the learning media can be said to be effective. Based on the result of the study, it can be concluded that the "Saput Jagat Card" learning media developed in a valid, practical, and effective manner is suitable for use in learning. Keywords: Saput Jagat Card Learning Media, Theme 7 Subtheme 1, Borg and Gall Development Model

Detail Jurnal