Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SUBTEMA 2 INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU UNTUK MENDUKUNG KERJA SAMA SISWA KELAS IV SD
    Penulis : Raudlatuz Zahro
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Ade Cyntia Pritasari, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Media pembelajaran adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi sebagai perantara dalam pembelajaran. Media yang dikembangkan pada penelitian ini adalah media tiga dimensi yang berisikan materi tema 7 sub tema 2 dari semua mata pelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu (1) mengembangkan media Busy Book untuk mendukung kerja sama siswa kelas IV SD dan (2) mengetahui kevalidan, keefektifan, kemenarikan dari media Busy Book untuk kelas IV di UPTD SDN Patengteng 1 Modung. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil kevalidan media memperoleh rata-rata sebesar 80,9% dari validasi media, desain, materi pembelajaran dengan katergori valid; (2) hasil keefektifan media memperoleh 89% dengan kategori efektif dan hasil belajar siswa memperoleh 100% dengan kategori tuntas; dan (3) hasil kemenarikan berdasarkan respon siswa memperoleh 86% pada kategori menarik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media Busy Book yang dikembangkan valid, efektif dan menarik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Media Busy Book, Tema 7 Subtema 2, Model Pengembangan Borg and Gall.

    Abstraction

    Learning media is something that can be used to convey information as an intermediary in learning program. The media developed in this research were three-dimensional media that contained materials from theme 7 sub-theme 2 from all subjects. The purpose of this development research are (1) developing Busy Book’s media to support the cooperation of grade IV elementary school students and (2) knowing the validity, effectiveness, attractiveness of the Busy Book’s media for class IV in UPTD SDN Patengteng 1 Modung. This development research uses the Borg and Gall model. The results of this study indicate that: (1) the results of media validity obtained an average of 80,9% of media validation, design, learning material with valid categories; (2) the results of the effectiveness of the media gained 89% in the effective category and student learning outcomes obtained 100% in the complete category; and (3) the attractiveness result based on students' responses obtained 86% in the interesting category. Based on these results it can be concluded that the developed of Busy Book’s media is valid, effective and interesting so it is worth to be used in learning program. Keywords: Busy Book Media, Theme 7 Subtheme 2, Borg and Gall Development Model.

Detail Jurnal