Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM POSING BERBANTUAN MEDIA LAGU EDUKASI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VPenulis : Ratih PermatasariDosen Pembimbing I : Rika Wulandari, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Conny Dian Sumadi ,S.Pd., M.PdAbstraksi
ABSTRAK Perangkat pembelajaran adalah bentuk kesiapan guru sebelum memulai pembelajaran yang berupa kumpulan media, alat, bahan dan pedoman yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model problem posing berbantuan media lagu edukasi matematika untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dari segi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam pembelajaran di SDN Tempel Sidoarjo. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang terdiri tadi 4 tahapan define, design, development dan dessiminate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil kevalidan perangkat pembelajaran rata-rata sebesar 79,15% dari ahli desain pembelajaran dan ahli instrumen tes keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan kategori valid; (2) Hasil kepraktisan perangkat pembelajaran memperoleh rata-rata 78% dengan kategori valid; (3) Hasil keefektifan ditinjau dari ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 100% dan perhitungan N-Gain dengan kriteria sedang dan tinggi sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model problem posing yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran Model Problem Posing, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Model Pengembangan 4D.
AbstractionABSRACT Learning tools are a form of teacher readiness before starting learning in the form of a collection of media, tools, materials and guidelines used in learning. This study aims to develop a learning tool for problem posing models assisted by mathematics education song media to improve high-level thinking skills in terms of validity, practicality and effectiveness in learning at SDN Tempel Sidoarjo. This development research uses 4D model which consists of 4 stages define, design, development andessiminate. The results of this study indicate that: (1) The validity results of the learning device averaged 79.15% of the learning design experts and experts of the higher level thinking skills test instrument with a valid category; (2) The practicality results of the learning tools obtained an average of 78% with a valid category; (3) The effectiveness results in terms of classical completeness of student learning outcomes by 100% and N-Gain calculations with moderate and high criteria so that the learning device can be said to be effective. Based on these results, it can be concluded that the problem posing model learning tools developed are valid, practical, and effective so that they are suitable for use in learning. Keywords: Problem Posing Model Learning Tools, High-Level Thinking Skills, 4D Development Model.