Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SIAR (SIKLUS AIR) PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V
    Penulis : Aminatuz Zahro
    Dosen Pembimbing I : Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Bagus Rahmad Wijaya, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Media pembelajaran merupakan salah satu penunjang pembelajaran yang penting. Media yang dikembangkan peneliti ini adalah media dua dimensi yang di oprasikan menggunakan komputer atau android yang berisikan meteri siklus air tema 8 subtema . penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif SIAR yang valid, efektif dan menarik. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas V SDN 6 Gresik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan yang di modifikasi Wanda (2018:8). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil kevalidan media memperoleh rata-rata sebesar 84% dengan kategori sangat valid; (2) hasil keefektifan berdasarkan tes hasil belajar siswa memperoleh 95% dengan kategori tuntas; (3) hasil kemenarikan memperoleh rata-rata sebesar 92,2% pada kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif SIAR yang dikembangkan valid, efektif dan menarik sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Multimedia Interaktif SIAR, Tema 8 Subtema 1, Model Pengembangan 4D

    Abstraction

    ABSTRACT Learning media is one of important learning support. The media developed by this researcher is a two-dimensional media which is operated using computer or android which contains water cycle material theme 8 subthemes 1. This research aims to develop interactive multimedia SIAR that are valid, effective and interesting. The research subjects were 31 fifth grade students of 6th Gresik Public Elementary School. This development research uses the 4D Thiagarajan development model modified by Wanda (2018: 8). The results showed that: (1) the validity of the media obtained an average of 84% with a very valid category; (2) the effectiveness of the results based on student learning outcomes tests obtained 95% with the complete category; (3) attractiveness results obtained an average of 92.2% for very interesting category. Based on these results it can be concluded that the SIAR interactive multimedia developed are valid, effective and interesting so it is feasible to use for learning. Keywords: SIAR Interactive Multimedia, Theme 8 Subtheme 1, 4D Development Model

Detail Jurnal