Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOCK UP DAIR (DAU AIR) UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
    Penulis : Pramathana Puspa Seruni Auliya
    Dosen Pembimbing I : Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ana Naimatul Jannah, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan sebagai perantara guru untuk menyampaikan materi sehingga mempermudah siswa dalam menerima materi pembelajaran. Tujuan penelitian adalah 1) mengetahui kevalidan media pembelajaran DAIR, 2) Mengetahui kemenarikan media pembelajaran DAIR, 3) mengetahui keefektifan media pembelajaran DAIR dan 4) mengetahui kepraktisan media pembelajaran DAIR untuk kelas V sekolah dasar. Pengembangan media ini menggunakan model Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) uji kevalidan rata-rata dari validator yaitu 83,5% 2) uji kemenarikan rata-rata yaitu 89% 3) uji keefektifan berdasarkan hasil penilaian observasi aktivitas guru dan siswa masing-masing 95% dan 88,6% termasuk kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tes hasil belajar dengan presentase 100% berada pada kriteria peningkatan hasil belajar yang tinggi 4) uji kepraktisan sebesar 89%. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran DAIR layak digunakan dalam pembelajaran tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2. Kata kunci: penelitian pengembangan, media pembelajaran DAIR, Daur Air

    Abstraction

    Learning media are tools that are used as teacher intermediaries to deliver material so that it is easier for students to accept learning material. The objectives of this study are 1) to know the validity of DAIR learning media, 2) to know the attractiveness of DAIR learning media, 3) to know the effectiveness of DAIR learning media and 4) to know the practicality of DAIR learning media for fifth grade of elementary school. This media development uses the Borg and Gall model. The results of the study show that: 1) the validity test of the validator is 83.5% 2) the average of attractiveness test is 89% 3) the effectiveness test based on the results of the observation assessment of teacher and students activities respectively is 95% and 88.6 %, and it is included into the very effective category c Based on the test results, the learning outcomes with a percentage of 100% are in the criteria of high learning outcomes improvement. The conclusion of this study is that DAIR learning media is feasible to be used in learning theme 8 sub-theme 1 learning 1 and 2. Keywords: development study, DAIR learning media, Water

Detail Jurnal