Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS METODE TUTOR SEBAYA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI SOCAH 1
    Penulis : Fajriatul Faizah
    Dosen Pembimbing I : Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Nilamsari Damayanti Fajrin, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis metode tutor sebaya pada materi bangun datar Kelas IV SD Negeri Socah 1 yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang memiliki empat tahapan pengembangan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Perangkat pembelajran yang dikembangkan antara lain Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), instrumen penilaian, Bahan Ajar, dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Aspek kevalidan ditinjau dari penilaian validasi ahli dan mencapai kriteria sangat valid. Aspek kepraktisan ditinjau dari angket penilaian guru dan angket penilaian siswa dan mencapai kriteria sangat praktis. aspek keefektifan ditinjau dari tes hasil belajar siswa dan mencapai kriteria efektif. Kata Kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, metode tutor sebaya, bangun datar

    Abstraction

    ABSTRACT This research aimed to develop a mathematics learning tool based on peer tutoring methods on the valid, practical, and effective Class IV plane material of SDN Socah 1. This research used the Research and Development (R&D) method with the 4D development model, which has four stages of development namely Define, Design, Development, and Disseminate. Learning tools developed include the Syllabus, Learning Implementation Plan (RPP), assessment instruments, Teaching Materials, and Student Worksheets (LKS). The validity aspect was reviewed from the expert validation assessment and achieves very valid criteria. The practicality aspect was reviewed from the teacher assessment questionnaire and student assessment questionnaire and reaches very practical criteria. The aspects of effectiveness in terms of tests of student learning outcomes and achieving effective criteria. Keywords: development, learning tools, peer tutoring methods, plane

Detail Jurnal