Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA “DENRAPAT’’ DENAH RAMBU PETUNJUK ARAH DAN TEMPAT PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 KELAS IIIPenulis : Ulul fadilah ikhsaniDosen Pembimbing I : Sulaiman S.Pd.,M.PdDosen Pembimbing II :Ade Cyntia Pritasari, S.Pd.,M.PdAbstraksi
ABSTRAK Penelitian pengembangan ini mengatasi solusi pada permasalahan yang ada dalam pembelajaran kelas III UPTD SDN Socah 3. Penggunaan media yang dapat menjadikan pembelajaran kurang efektif. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu salah satunya adalah fakto biaya. Sehingga berdampak pada peserta didik yaitu peserta didik sulit dalam memahami materi yang di sampaikan oleh guru pada Pembelajaran Tematik Sekolah dasar Kelas III Tema 8 Subtema 3. Maka dengan hal tersebut menggunakan jalur alternatif untuk pemecahan masalah yaitu dengan mengembangakan media pembelajaran diorama “DENRAPAT” Denah Rambu Petunjuk Arah dan Tempat. Pengembangan tersebut bertujuan untuk menghasilkan sebuah media yang valid, efektif, dan menarik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah diadaptasi oleh Adelina. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji coba kevalidan media pembelajaran berdasarkan persentase validasi para ahli yang telah dihitung rata-rata, mendapatkan nilai sebesar 79% dan dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berada pada kriteria valid. (2) Hasil uji kemenarikan berdasarkan respon siswa pada uji coba perorangan diperoleh 90% dan uji coba terbatas diperoleh 96,7% maka disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berada pada kategori sangat menarik. (3) Hasil uji keefektifan berdasarkan hasil belajar siswa. pada uji coba terbatas hasil belajar siswa sebesar 100% maka disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan pada kategori sangat efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran diorama “DENRAPAT” Denah Rambu Petunjuk Arah Dan Tempat sangat layak digunakan pada pembelajaran Tema 8 Sub Tema 3 Kelas III Semester II di UPTD SDN Socah 3. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Denah Rambu Petunjuk Arah Dan Tempat
AbstractionABSTRACT This development study provides the solution to the problems that exist in the third grade of UPTD SDN Socah 3, that is the use of media which is less effective for learning. This is caused by several factors, one of them is the cost factor. Thus, it gives some effects on students, one of them is it is difficult for them to understand the material conveyed by the teacher in Elementary School Thematic Learning in Theme 8 Subtheme 3 of Third Grade. Therefore, the writer uses an alternative pathway as a solution to the problem by developing diorama learning media called "DENRAPAT", plan of directions and place signs. The development aims to produce a media that is valid, effective, and attractive. This study uses the Borg and Gall development model that has been adapted by Adelina. The results of this study indicate that: (1) The validity test results of learning media based on the percentage of validation experts that have been calculated on average, get a value of 79% and it can be concluded that the developed product has a valid criteria. (2) The attractiveness test results are based on student responses. In individual trials, it is obtained 90% and in limited trials, it is obtained 96.7%, thus it can be concluded that the developed product is in the very interesting category. (3) The effectiveness test results are based on student learning outcomes. In a limited trial, the student learning outcomes are 100%, thus, it can be concluded that the developed product is in the very effective category. The conclusion of this study is that the diorama learning media "DENRAPAT", Plan of Directions and Place Signs is very feasible to be used in learning Theme 8 Subtheme 3 in Semester II of Third Grade in UPTD SDN Socah 3. Keywords: Learning Media, Plan of Directions and Place Sign