Detail Karya Ilmiah

  • Perbedaan Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Gili Barat Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle dan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Inkuiri Terbimbing
    Penulis : Aliyatul Wafiyah
    Dosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ana Naimatul Jannah, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Gili Barat menggunakan model pembelajaran inkuiri tipe pictorial riddle dan model pembelajaran inkuiri tipe inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan metode quasi eksperimental design. Penelitian dilakukan di SDN Gili Barat Kamal-Bangkalan Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel yang diambil adalah siswa kelas 4 yang terdiri dari kelas 4A sebagai kelas eksperimen dan kelas 4B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kritis, angket motivasi belajar, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran,. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Kolmogorov-Smirnov untuk menguji normalitas data, uji varian untuk homogenitas dan uji t dua sampel independen untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian pada tes keterampilan berpikir kritis siswa menunjukan nilai thitung = 1.359 dan ttabel = 2.0227 pada taraf signifikan 5%. Sehingga thitung < ttabel, maka Ho diterima. Sedangkan hasil penelitian pada angket motivasi belajar siswa nilai thitung = -0.6942 dan ttabel = 2.0227 pada taraf signifikan 5%. Sehingga thitung < ttabel, maka Ho diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Gili Barat. Kata Kunci: Model Inkuiri Tipe Pictorial Riddle, Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Inkuiri Terbimbing, Sekolah Dasar, Keterampilan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar.

    Abstraction

    This study aims to determine the differences in critical thinking skills and learning motivation of grade IV elementary school students in Gili Barat using the pictorial riddle type inquiry learning model and guided inquiry type inquiry learning model. This research is a quantitative type of experimental research using the quasi experimental design method. The study was conducted at SDN Gili Barat Kamal-Bangkalan Sampling was done randomly. The sample taken was grade 4 students consisting of class 4A as the experimental class and class 4B as the kontrol class. Data collection instruments used tests of critical thinking skills, learning motivation questionnaires, and learning achievement sheets. The data analysis technique used in this study is the Kolmogorov-Smirnov test to test data normality, variance test for homogeneity and two independen sample t tests to test the research hypothesis. The results of the study on students' critical thinking skills tests showed gradesthitung = 1,359 and ttable = 2.0227at a significant level of 5%. So tcount < ttable, then Ho is accepted. While the results of research on student motivation questionnaire tcount = -0.6942 and ttable = 2.0227 at a significant level of 5%. So tcount < ttable, then Ho is accepted. From these results it can be concluded that there is no difference in critical thinking skills and learning motivation of grade IV SDN Gili Barat using the pictorial riddle type inquiry learning model and guided inquiry type inquiry learning model. Keywords: Pictorial Riddle Type Inquiry Model, Guided Inquiry Type Inquiry Model, Primary School, Critical Thinking Skills, Learning Motivation.

Detail Jurnal