Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Multimedia Interaktuf Berbasis Android Kelas IV Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
    Penulis : Yefta Armada
    Dosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ade Cyntia Pritasari, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Pembelajaran mulai berubah semenjak berkembangnya zaman di era globalisasi dengan ditandai dengan ditandai dengan adanya produk dan pemanfaatan teknologi informasi sebagai pembelajaran yang moderen. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia interaktif berbasis android seubtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku pada pembelajaran 3 berdasarkan kevalidan, kemenarikan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan research and development (R&D). berdasarkan hasil validasi yang diperoleh dari ahli validator presentase kevalidan ahli desain pembelajaran 71,42% (valid), ahli materi pembelajaran 88,33% (sangat valid), ahli media pembelajaran 91,67 % (sangat valid). Hasil kemenarikan berdasarkan hasil angket respon siswa pada tahap uji coba produk diperoleh presentase sebesar 91,67% (menarik). Hasil keefektifan pada uji coba produk menggunakan lembar observasi aktivitas guru diperoleh presentase sebesar 82,35% (aktif), lembar aktivitas siswa diperoleh presentase sebesar 86,27% (aktif). Sementara hasil belajar diperoleh presentase sebesar 100% (tuntas). Penelitian ini dilakukan selama pandemi covid-19 sehingga dalam uji lapangan tahap uji coba pemakian tidak dapat dilaksanakan. Kesimpulan penelitian ini bahwa multimedia interaktif berbasis android subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku pada pembelajaran 3 layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci : Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku, Research and development (R&D).

    Abstraction

    Learning is already changed since the development in the era of globalization marked by products and utilization of information technology as modern learning. This development research aims to expand an interactive multimedia product based on Android sub-theme Ethnic diversity and religion in my country on learning 3 based on validity, attractiveness, and effectiveness. This survey is Reseacrh and development (R&D). Based on yield validation obtained from professional validator percentage of professional learning design 71.42% (valid), professional learning materials 88.33% (very valid), professional learning media 91.67% (very valid). And learning outcomes get 100% of persentage (complete). This research has been done during Covid-19 pandemic, so the field test in trial phase cannot be carried out. The conclusion of this research that interactive multimedia based on Android sub-theme Ethnic diservity and religion in my country learning 3 is suitable to be used in learning grade IV of elementary school. Keyword : Development of Interactive Multimedia Based on Android Sub-theme Ethnic Diservity and Religion in My Country, Research and Development (R&D).

Detail Jurnal