Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VPenulis : Arini SuryaniDosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Tyasmiarni Citrawati, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kevalidan pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing, (2) mengeetahui keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing , dan (3) mengetahui kemenarikan pengembangan perangkat pembelajaran IPA untuk kelas V. Penelitian pengembangan ini menggunakan model peengembangan 4D. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil presentase kevalidan rata-rata perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing sebesar 84% dalam kategori sangat valid. Keefektifan perangkat pembelajaran diukur dai hasil belajar siswa ketuntasan klasikal sebesar 100%, peningkatan literasi sains siswa sebesar 74% dalam kategori tinggi. Sehingga, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing efektif digunakan pada proses pembelajaran. Kemenarikan diukur dari presentase hasil angket respon siswa sebesar 92% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian ini maka perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbmbing ini belum dapat dikatakan valid, efektif, dan menarik karena penelitian ini dilakukan hanya samapai tahap uji coba terbatas karena penelitian ini di lakukan pada saat adanya musibah pandemi covid-19 sehingga uji coba implementasi tidak dapat dilakukan. Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V.
AbstractionABSTRACT The purpose of this research is (1) to know the validity and development of SCIENCE-based learning devices, (2) to learn the effectiveness of development of SCIENCE-based learning devices, and (3) to know the development of SCIENCE learning devices for the V-class. Development research using 4D Model building. Based on the results of the research conducted, the results of the validity percentage of inquiry-based science learning devices have been guided by 84% in a very valid category. The effectiveness of learning devices is measured by the classical and 100% students learning outcomes, increasing students science literacy by 74% in the high category. Therefore, can be concluded learning science-based inquiry devices are effectively used in the learning process. The proceeds are measured from the percentage result of the student response of 92% with a very interesting category. Based on the results of this research, science learning devices based inquiry is not yet able to be said to be valid, effective, and interesting because the research is done only in the limited trial phase because the research was done in the moment of the Covid-19 pandemic accident so that the implementation test is not possible. Keywords: Development of science learning device based on Inkuiri guided to improve knowledge literacy of class V students.