Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V TEMA 6 SUBTEMA 2 UPTD SDN KAMAL 2Penulis : Qurrotul AiniDosen Pembimbing I : Isna Ida Mardiyana., S. Pd., M. PdDosen Pembimbing II :Ade Cyntia Pritasari., S. Pd., M. PdAbstraksi
ABSTRAK Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Handout, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model PBL berbasis eksperimen untuk meningkatkan kemampuan berpiki kreatif yang valid, efektif, dan menarik dalam pembelajaran di kelas V A UPTD SDN Kamal 2. Penelitian ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Dissaminate) diadaptasi dari Mulyatiningsih (2019: 195) berupa model 4D (Define, Design, Develop, dan Dissaminate). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Hasil kevalidan diperoleh dari validasi ahli sebesar 82,5 % dengan kategori valid; (2) Hasil keefektifan belajar siswa secara individu diatas 85% yang berkategori ketuntasan belajar sangat tinggi, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 100% dan peningkatan kemmapuan berpikir kreatif sangat tinggi karena diatas >70%; (3) Hasil kemenarikan penggunaan perangkat pembelajaran >85% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran valid, efektif, dan menarik sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran model PBL berbasis eksperimen, Berpikir kreatif, Model pengembangan 4D.
AbstractionABSTRACT The role of lerning instrument are very important in doing lerning process. Lerning instruments that are improved in this research are Learning Program Planning (RPP), Handout, Students Work Papers (LKS), and creative thinking ability test.The purpuse of this research is to improve the Learning Instruments Using PBL model based on experiment to increase creative thinking ability that are valid, effective and interesting in learning for the fifth years student of UPTD SDN Kamal 2. This research used it’s 4D model (Define, Design, Developing, and Dissaminate) from Mulyatiningsih’s Developing model (2019: 195). The result of this research shows that: (1) Vadility results is accepted from the fadility of expert is 85,5%; with valid category (2) The effectiveress resukt of student learing individually is over 85% with succes learning category is very high, with the succes of classical kearning is 100% and the increasing of creative thinking ability is very high and is over >70%; (3) The result of using learning instrument >85% with very interesting category. Based on that results can be concluded that valid learning instrument, effective, and intersting. So that they are suitable to use in learning process. Key Words: Learning instrument PBL model based on experiment, creative thinking, 4D improving model.