Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU PINTAR DALAM PEMBELEJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5 SISWA KELAS IV SDN JAGRAN KARANGGENENG LAMONGANPenulis : Siti Khoiro UmmahDosen Pembimbing I : Mahmud, S.IP., M.Si.Dosen Pembimbing II :Ana Naimatul Jannah, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
ABSTRAK Keterampilan menulis puisi merupakan proses kreatif yang mengungkapkan perasaan, ide, atau gagasan yang harus dikuasi siswa SD. Penerapan media pembelajaran yang tepat merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh guru, agar tujuan pembelajaran tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh media Kartu Pintar dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi pada tema 6 subtema 2 pembelajaran 5 siswa kelas IV SDN Jagran Karanggeneng Lamongan. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jagran. pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan sample jenuh, yaitu kelas IVA dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen, dan IVB dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas guru, tes keterampilan menulis, dan angket respon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbandingan rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen adalah 57.125 dan 82.208. Sedangkan rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 55.666 dan 67.208. terdapat pengaruh signifikan dengan menggunakan media Kartu Pintar terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Jagran Karanggeneng Lamongan. Dari penelitian yang dilakukan dengan perhitungan uji t dengan taraf kesalahan 0,05 diperoleh thitung = 4,769 > ttabel 1,679. Dengan demikian thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ho diterima. Kata Kunci: Media kartu pintar, kemampuan menulis, puisi.
AbstractionABSTRACT Poetry writing skills are a creative process that expresses feelings, ideas, or ideas that elementary school students must master. Applying appropriate learning media is something that must be considered by the teacher, so that learning objectives are achieved. This study aims to look for media influence Smart Card in learning poetry writing skills on the theme of 6 subthemes 2 learning 5 students of grade IV SDN Jagran Karanggeneng Lamongan. This research uses design Nonequivalent Control Group Design. The population in this study was the fourth grade students of SD Jagran. sampling in this study using saturated sample, namely IVA class with 24 students as the experimental class, and IVB with 24 students as the control class. Data collection techniques were carried out by observing teacher activities, writing skills tests, and questionnaire responses. The results of this study indicate that the comparison is average pretest and posttest the experimental class is 57,125 and 82,208. Whereas average pretest and posttest control class of 55,666 and 67,208. there is a significant influence using the media Smart Card on poetry writing skills of fourth grade students at SDN Jagran Karanggeneng Lamongan. From the research conducted with the calculation of the t test with an error level of 0.05 obtained t count = 4,769>t table 1,679. Thus t count it count it count it count it count it count it count it count it > t table then Ho is rejected and Ho is accepted. Keywords: Smart card media, writing skills, poetry.