Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PETI “PETA INDONESIA” PADA PEMBELAJARAN TEMA 5 SUBTEMA 1 KELAS V SEMESTER I UPTD SD NEGERI BANCARAN 4 BANGKALAN
    Penulis : Nuriana Fadillasari
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Aditya Dyah Puspitasari, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian pengembangan ini mengatasi solusi pada permasalahan yang ada dalam pembelajaran kelas V UPTD SDN Bancaran 4 Bangkalan. Penggunaan media yang dapat menjadikan pembelajaran kurang efektif. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya persediaan media pembelajaran dari sekolah. Sehingga berdampak pada siswa yaitu siswa tidak mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Kelas V Tema 5 Subtema 1. Maka dengan hal tersebut menggunakan jalur alternatif untuk pemecahan masalah yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran PETI “Peta Indonesia”. Pengembangan tersebut bertujuan untuk menghasilkan sebuah media yang valid, efektif, dan menarik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah diadaptasi oleh Adelina. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji coba kevalidan media pembelajaran berdasarkan presentase validasi para ahli yang telah dihitung rata-rata, mendapatkan nilai sebesar 87,16% dan dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid. (2) Hasil uji kemenarikan berdasarkan respon siswa pada uji coba produk diperoleh 93% maka dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berada pada kategori sangat menarik. (3) hasil uji keefektifan berdasarkan hasil belajar siswa diperoleh 90%, aktivitas guru 97%, aktivitas siswa 92,55% maka dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid. Kesimpulan penelitian ini adlah media pembelajaran PETI “Peta Indonesia” sangat layak digunakan pada Tema 5 Subtema 1 Kelas V Semester I di UPTD SDN Bancaran 4 Bangkalan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, PETI “Peta Indonesia”

    Abstraction

    ABSTRACT This development research overcomes the solution to the problems that exist in class V learning UPTD SDN Bancaran 4 Bangkalan. The use of media can make learning less effective. This is due to the lack of learning media supplies from schools. So that the impact on students is that students do not easily understand the material delivered by the teacher on Thematic Learning Elementary School Class V Theme 5 Subtema 1. So with that it uses an alternative pathway for problem solving that is by developing PETI learning media "Peta Indonesia". The development aims to produce a media that is valid, effective, and attractive. This study uses the Borg and Gall development model that has been adapted by Adelina. The results of this study indicate that: (1) The validity test results of learning media based on the validation percentage of experts who have been calculated on average, get a value of 87.16% and it can be concluded that the products developed are in very valid criteria. (2) The attractiveness test results based on students' responses to the product trial obtained 93%, it can be concluded that the products developed are in the very interesting category. (3) effectiveness test results based on student learning outcomes obtained 90%, teacher activity 97%, student activity 92.55%, it can be concluded that the products developed are in very valid criteria. The conclusion of this study is that the PETI learning map "Indonesia Map" is very suitable for use in Theme 5 of Subtema 1 Class V Semester I at UPTD SDN Bancaran 4 Bangkalan. Keywords : Learning Media, PETI " Map of Indonesia”

Detail Jurnal