Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PERPAN (PERPINDAHAN PANAS) PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS V DI SEKOLAH DASARPenulis : Irfa Ayu AristiqomahDosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd.,M.Pd.Dosen Pembimbing II :Bagus Rahmad Wijaya, S.Pd.,M.Pd.Abstraksi
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) mengembangkan multimedia interaktif PERPAN yang valid ditinjau dari validasi ahli, (2) mengembangkan multimedia interaktif PERPAN yang efektif ditinjau dari hasil belajar kognitif siswa, aktivitas siswa dan aktivitas guru (3) mengembangkan multimedia interaktif PERPAN yang menarik ditinjau dari hasil angket respon siswa kelas V. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil persentase kevalidan rata-rata multimedia interaktif PERPAN sebesar 86,98% dengan kategori sangat valid. Keefektifan multimedia interaktif PERPAN diukur dari ketuntasan klasikal pada uji coba produk sebesar 100% dengan kategori tuntas, lembar observasi aktivitas guru sebesar 88% dengan kategori aktif, lembar observasi aktivitas siswa sebesar 87% dengan kategori aktif, sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif PERPAN sangat efektif digunakan pada pembelajaran. Kemenarikan produk diukur dari hasil persentase angket respon siswa sebesar 93,33% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan penelitian maka produk multimedia interaktif PERPAN valid, efektif, dan menarik digunakan pada Tema 6 Subtema 2 materi perpindahan panas kelas V sekolah dasar. Kata kunci: Pengembangan Multimedia Interaktif PERPAN (Perpindahan Panas), Tema 6 Subtema 2, Model Pengembangan Borg and Gall.
AbstractionThe objective of this study are (1) to carry out the effectiveness of PERPAN’s interactive multimedia based on the validity of the expert, (2) to explore the effectiveness of PERPAN’s interactive multimedia based on the students’ cognitive study, student activity and teacher activity (3) to develop the effectiveness of PERPAN’s interactive multimedia that interesting based on students’ responses at grade V. This study used Borg and Gall model. The results of this study had the presentation to get the validity of study using PERPAN’s interactive multimedia by 86,98% with complete category. The effectiveness of PERPAN’s interactive multimedia is measured by classical completeness of the PERPAN’s product trial by 100% with complete category, teacher observation sheet activity by 88% with active category, observation sheet of student activity by 87% with active category . Besides that, the interesting of the PERPAN’s product is measured by the result of presentation students’ responses on the questionnaire by 93,33% with interesting category. As a results, this study shows that the effectiveness of PERPAN’s interactive multimedia are valid, effective and interesting to use based on the theme 6 subtheme 2 material of PERPAN’s interactive multimedia at grade V elementary school. Keywords: The effectiveness of PERPAN’s interactive multimedia, Theme 6 Subtheme 2, Borg and Gall model.