Detail Karya Ilmiah
-
Hubungan Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar SDNU Kanjeng Sepuh Sidayu GresikPenulis : Lailatul KarimahDosen Pembimbing I : Fachrur Rozie,S.Pd.,M.PdDosen Pembimbing II :Bagus Rahmad Wijaya,S.Pd.,M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Non Experimental Desain yang dilaksanakan pada kelas IV SDNU Kanjeng Sepuh Gresik sejumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunaan adalah tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji korelasi sederhana diperoleh Thitung= 46,9 > Ttabel = 2,0639 maka dapat diambil keputusan Ho ditolak yang artinya terdapat hubungan signifikansi secara parsial antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji korelasi kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar siswa maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar.
AbstractionThis study aims to determine the relationship of students' critical thinking skills with the learning outcomes of fourth grade elementary school students. This research is a quantitative study with a Non Experimental Design which was carried out in class IV SDNU Kanjeng Sepuh Gresik with a total of 24 students. The sampling technique used is saturated samples. The data collection technique used is a test. Based on the results of hypothesis testing using a simple correlation test obtained Thitung = 46.9> Ttable = 2.0639, it can be taken that the decision of Ho is rejected, which means that there is a partial significance relationship between students' critical thinking abilities with student learning outcomes. Based on the results of the correlation test of students 'critical thinking skills with student learning outcomes, it can be concluded that there is a positive relationship between students' critical thinking skills with the learning outcomes of class IV elementary school students.