Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Sains Siswa Kelas V TEMA 7 SUBTEMA 2 Di UPTD SDN Ngagel 02 PATI
    Penulis : Fitri Wulandari
    Dosen Pembimbing I : Isna Ida Mardiyana,S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Tyasmiarni Citrawati, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini menggunakan model 4D adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kevalidan pengembangan perangkat pembelajaran dilihat dari validasi ahli dan keterbacaan modul. 2) Untuk mengetahui keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil belajar ditinjau dari tes kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains siswa dan hasil dari aktivitas guru dan siswa. 3) Untuk mengetahui kemenarikan pengembangan perangkat pembelajaran dilihat dari angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa presentase kevalidan rata-rata perangkat pembelajaran adalah sebesar 85% dalam kategori sangat valid. Keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari aktivitas guru sebesar 92% dan aktivitas siswa sebanyak 75% dan hasil belajar siswa diperoleh hasil berkategori tinggi. Ketuntasan klasikal diperoleh nilai 100% dikatakan tuntas apabila melebihi >75% jadi dapat dikategorikan tuntas . Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains siswa menggunakan uji N-Gain diperoleh nilai berkategori tinggi karena >70. Kemenarikan diukur dari presentase hasil angket respon siswa sebesar 86% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian maka perangkat pembelajaran dapat dikatakan valid, efektif dan menarik digunakan pada tema 7 subtema 2 materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda pada siswa kelas V di SDN Ngagel 02 PATI. Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Sains Siswa kelas V SDN Ngagel 02 PATI.

    Abstraction

    This study uses the 4D model while the purpose of this study is 1) To determine the validity of the development of learning tools seen from expert validation and module readability. 2) To determine the effectiveness of the development of learning tools seen from the learning outcomes in terms of tests of creative thinking skills and student scientific literacy and the results of teacher and student activities. 3) To find out the attractiveness of the development of learning tools seen from the student questionnaire responses. Based on the results of research conducted, the results obtained that the average validity of learning tools is 85% in the very valid category. The effectiveness of learning tools seen from the activities of teachers by 92% and student activities by 75% and student learning outcomes obtained high category results. Classical completeness obtained 100% is said to be complete if it exceeds> 75% so it can be categorized as complete. Increasing the ability to think creatively and scientific literacy of students using the N-Gain test obtained high categorical scores because of> 70. The attractiveness is measured by the percentage of results of student questionnaire responses by 86% with a very interesting category. Based on the results of the study, the learning tool can be said to be valid, effective and interesting to use on the theme 7 sub-theme 2, the effect of heat influence on temperature changes and changes in the shape of objects in fifth grade students at Ngagel 02 Elementary School. Keywords: Development of Learning Tools Using PBL Models to Improve Creative Thinking Ability and Science Literacy Grade V students of SDN Ngagel 02 PATI.

Detail Jurnal