Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI UPTD SDN PEJAGAN 1 BANGKALAN
    Penulis : Zumrotul Amaniyah
    Dosen Pembimbing I : Umi Hanik, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Agung Setyawan, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa rendah dalam menyelesaikan konsep bangun ruang pada Matematika menggunakan metode demonstrasi siswa kelas V di UPTD SDN Pejagan 1 Bangkalan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru, 8 siswa, dan 8 orang tua siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu Reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa faktor internal dan faktor eksternal memiliki konstribusi besar pada hasil belajar siswa. Faktor internal dan faktor eksternal tersebut juga mempengaruhi dan mendorong jenis pendekatan belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor internal, faktor eksternal dan pendekatan belajar mempengaruhi hasil belajar siswa kelas V di UPTD SDN Pejagan 1 Bangkalan. Kata Kunci: Faktor yang mempengaruhi hasil belajar, Pelajaran Matematika, Metode Demonstrasi,

    Abstraction

    This study has objectives to know of factors affecting low student learning result in completing concept of geometry theory on Mathematic using demonstration method student of five class in UPTD SDN Pejagan 1 Bangkalan. The approach used in this study is a qualitative approach. The research subjects in this study were teacher, eight of student, dan eight of student parents. Data collection in this study used interviews and documentation. Data analysis techniques using the model of Miles and Huberman, namely data reduction, data presentation and conclusions. Based on result research explain that internal factors and external factors has big contribution on student learning result. The internal factors and external factors also affecting and encouraging types of student learning approach, It can be concluded that internal factors, external factors, and learning approach affecting student learning result student of five class on mathematics learning of geometry theory using demonstration method in UPTD SDN Pejagan 1 Bangkalan. Keyword: Factors Affecting Student Learning Result, Mathematics Learning, Demonstration Method.

Detail Jurnal