Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IV DI UPTD SDN 57 GRESIK
    Penulis : Dwi Leviana Umar
    Dosen Pembimbing I : Isna Ida Madiyana, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Conny Dian Sumadi, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) mengetahui kevalidan perangkat pemeblajaran dengan menggunakan metode problem solving berbasis HOTS, (2) mengetahui keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving berbasis HOTS, dan (3) mengetahui kemenarikan pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving berbasis HOTS. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperolah hasil bahwa presentase kevalidan rata-rata perangkat pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving berbasis HOTS sebesar 84% dalam kategori valid. Keefektifan perangkat pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving berbasis HOTS diukur dari observasi aktivitas guru sebesar 90% dalam kategori sangat aktif , observasi aktivitas siswa sebesar 73% dalam kategori aktif, presentase ketuntasan klasikal sebesar 92% dalam kategori, dan adanya peningkatan keterampilan proses sains siswa sebesar 42% dengan kategori sedang sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving berbasis HOTS efektif digunakan pada pembelajaran. Kemenarikan diukur dari presentase presentase hasil angket respon siswa sebesar 80% dengan kategori menarik. Berdasarkan hasil penelitian maka perangkat pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving berbasis HOTS valid, efektif dan menarik digunakan pada Tema 8 Subtema 1 materi gaya dan gerak kelas IV Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Metode Problem Solving Berbasis HOTS

    Abstraction

    ABSTRACT The objectives of this development research are (1)know the validity of learning devices using HOTS-based problem solving methods, (2) know the effectiveness of the development of learning devices using HOTSbased problem solving methods, and (3) find out the attractiveness of the development of learning devices using HOTS-based problem solving methods. This development research uses the 4D development model. Based on the results of research conducted, obtained results that the average validity percentage of learning tools using HOTS-based problem solving methods by 84% in the category is valid. The effectiveness of learning tools using HOTS-based problem solving methods is measured from the observation of teacher activity by 90% in the very active category, observation of student activity by 73% in the active category, the percentage of classical completeness by 92% in the category, and an increase in students' science process skills by 42% with medium category so that it can be concluded that the learning tools using HOTS-based problem solving methods are effectively used in learning. Winning is measured by the percentage of the results of the questionnaire responses of students by 80% with interesting categories. Based on the results of the study, the learning tools using HOTSbased problem solving methods are valid, effective and interesting to use in Theme 8 Subtheme 1 material style and class IV motion. Keywords: DevelopmentLearning Tools Using HOTS Based Problem Solving Method

Detail Jurnal