Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS KOMUNIKASI ILMIAH SISWA PADA TEMA 5 MENGENAL OLAHRAGA DAN PERMAINAN TRADISIONAL MENGGUNAKAN MODEL OUTDOOR LEARNING DI KELAS 3 SDN LERPAK 3Penulis : MUTIARA BULAN MUHARRAMDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto,S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Agung Setyawan, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan komunikasi ilmiah siswa pada tema permainan tradisional madura menggunakan model outdoor learning kelas 3 di SDN Lerpak 3. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif menggunakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan penilaian komunikasi ilmiah. Populasi penelitian yang digunakan di SDN Lerpak 3 dan sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas 3 SDN Lerpak menggunakan sampel jenuh. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu komunikasi ilmiah siswa menggunakan tema 5 mengenal olahraga dan permainan tradisional di madura menggunakan model outdoor learning mampu dilakukan dengan baik oleh siswa sehingga rata-rata yang diperoleh 82,67. Siswa mampu berkomunikasi dan kerjasama menuangkan ide-ide atau pendapatnya. Peran sekolah dan keluarga merupakan salah satu pendukung siswa agar mampu meningkatkan komunikasi ilmiah siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif, kreatif. Kata Kunci : Komunikasi ilmiah siswa, Permainan Tradisional, Model Outdoor Learning
AbstractionThis study aims to determine the application of scientific communication of students on the theme of traditional Madura games using the outdoor learning model class 3 at SDN Lerpak 3. The approach used is quantitative descriptive using data collection methods conducted by observation, interviews, documentation and assessment of scientific communication. The population of the study used in Lerpak 3 Elementary School and the sample in this study were students in grade 3 of Lerpak Elementary School using saturated samples. The results obtained were students' scientific communication using the theme of 5 getting to know sports and traditional games in Madura using outdoor learning models able to be done well by students so that the average of 82.67 obtained. Students are able to communicate and collaboratively express ideas or opinions. The role of schools and families is one of the supporters of students to be able to improve scientific communication of students so that students become more active, creative. Keywords : students scientific communication, traditional games, Outdoor learning model