Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTEED REALITY PADA MATERI KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA UNTUK KELAS 4
    Penulis : Vivi Eka Putri
    Dosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ana Naimatul Jannah, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) mengetahui kevalidan pengembangan media sumber energi alternatif berbasis augmented reality, (2) mengetahui keefektifan pengembangan media sumber energi alternatif berbasis augmented reality , (3) mengetahui kemenarikan pengembangan media sumber energi alternatif berbasis augmented reality untuk kelas IV. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa presentase kevalidan rata-rata media pembelajaran sumber energi alternatif berbasis augmented reality sebesar 81% dalam kategori valid. Keefektifan media pembelajaran sumber energi alternatif berbasis augmented reality diukur dari observasi guru sebesar 94% dalam kategori sangat efektif, observasi aktivitas siswa sebesar 96% dalam kategori sangat efektif dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 100% dalam kategori tuntas sehingga dapat disimpulkan media sumber energi alternatif berbasis augmented reality sangat efektif digunakan pada pembelajaran. Kemenarikan diukur dari presentase hasil angket respon siswa sebesar 93% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian makan media sumber energi alternatif berbasis augmented reality valid, efektif dan menarik digunakan pada tema 9 subtema 1 materi kekayaan sumber energi di indonesia kelas IV. Kata Kunci: Pengembangan Media sumber energi alternatif berbasis augmented reality pada Tema 9 Subtema 1

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose for this research is (1) To know about valid media development alternative energy source of augmented reality, (2) To know about effective media development alternative energy source of augmented reality, (3) To know about interested media development alternative energy source of augmented reality for IV Class. This development research use ADDIE development type. The result for research is valid average percentage media study alternative energy source of augmented reality 81 % is valid category. The media effective for study alternative energy source of augmented realitymeasure by teacher observation 94% is very effective category, student activity category 96% is very affective category and percentage classical completeness 100% in complete category. Result that the conslusion media alternative source energy of augmented reality is very effective to use for study. The interested measure from result percentage student questionnaire is 93% very interested category. For the result of media research alternative energy source of augmented reality is valid, effective and interested to use tema 9 subtema 1 subject wealth energy source in Indonesia IV class. Keywords : Media development alternative energy source of augmented reality for Tema 9 Subtema 1

Detail Jurnal