Detail Karya Ilmiah
-
HUBUNGAN ANTARA PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN BURNOUT PADA PERILAKU PLAGIARISME MAHASISWA PSIKOLOGIPenulis : ALIFIYA RIZKI LAILYDosen Pembimbing I : Fandi Rosi Sarwo Edi, S.K.M., S.Psi., M.PsiDosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan prokrastinasi akademik dengan burnout pada perilaku plagiarisme mahasiswa psikologi. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa psikologi yang masih aktif kuliah sebanyak 250 orang sampel dengan teknik insidental sampling. Pengumpulan data menggunakan skala Likert dengan dua jenis skala yaitu skala burnout dan skala prokrastinasi akademik. Analisis data menggunakan uji korelasi Product Moment dengan bantuan program SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa hipotesis penelitian ini diterima yaitu ada hubungan antara prokrastinasi akademik dengan burnout pada perilaku plagiarisme pada mahasiswa psikologi. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig. 0,00 < 0,05) dengan koefisien korelasi r = 0,603. Sehingga dalam hal ini, semakin tinggi tingkat prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh mahasiswa, maka semakin tinggi pula tingkat burnout yang dialami mahasiswa. Kata Kunci : Prokrastinasi Akademik, Burnout, Mahasiswa Psikologi
AbstractionThis study aims to determine the relationship of academic procrastination with burnout on the plagiarism behavior of psychology students. Subjects of this study were 250 psychology students who were still active in college with incidental sampling techniques. Data collection uses a Likert scale with two types of scales namely the burnout scale and the academic procrastination scale. Data analysis using Product Moment correlation test with the help of SPSS 23.0 for windows. Based on the analysis of the data it was obtained that the hypothesis of this study was accepted that there was a relationship between academic procrastination and burnout on plagiarism behavior in psychology students. This can be seen from the significance value of 0,000 (sig. 0.00 <0.05) with a correlation coefficient r = 0.603. So in this case, the higher the level of academic procrastination carried out by students, the higher the level of burnout experienced by students. Keywords: Academic Procrastination, Burnout, Psychology Student