Detail Karya Ilmiah

  • IDENTITAS DIRI MAHASISWA PENGGEMAR MUSIK INDIE (Studi Deskriptif Identitas Diri Mahasiswa Penggemar Musik Indie di Universitas Trunojoyo Madura)
    Penulis : Fadhilatul Mukaromah
    Dosen Pembimbing I : Tatag Handaka, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Abstrak Fadhilatul Mukaromah. 160531100079. Program Studi Ilmu Komunikasi. Identitas Diri Mahasiswa Penggemar Musik Indie. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana identitas diri pada mahasiswa penggemar musik indie di Universitas Trunojoyo Madura. Dalam penelitian ini, komunikasi menjadi peran penting dalam membangun identitas diri seseorang. Subyek dari penelitian ini adalah penggemar mahasiswa aktif UTM penggemar musik indie dengan karakteristik yang sudah ditetapkan. Metode pengumpulan datamenggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan tiga dimensi Littlejohn dan Karen A. Foss. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan dari temuan tentang tiga dimensi pembentukan identitas diri, Kode verbal dan Nonverbal didapatkan status identitas diri yang menunjukkan bahwa subyek telah mencapai identity achievment yakni puncak identitas diri yang diraih setelah melewati masa kebimbangan peran dan krisis identitas. Kata kunci : identitas diri, penggemar musik indie, pembentukan identitas diri, anak senja.

    Abstraction

    Abstract Fadhilatul Mukaromah. 160531100079. Communication Studies Program. Student Identity of Indie Music Enthusiasts. The purpose of this study was to find out how self-identity of indie music fan students at Trunojoyo University Madura. In this research, communication becomes an important role in building one's self identity. The subjects of this study were the active students as the indie music fans of UTM with predetermined characteristics. Data collection methods use observation, interviews, and documentation. Informants were selected by using a purposive sampling method. Data analysis used Littlejohn and Karen A. Foss three dimensions. The technique for checking the validity of data uses triangulation of sources and methods. The results showed that the findings of the three dimensions of self-identity formation, verbal and nonverbal codes obtained status of self-identity which showed that the subject had achieved identity achievment, namely the peak of self-identity achieved after passing through a period of role confusion and identity crisis. Keywords: self-identity, indie music fans, self-identity formation, twilight children.

Detail Jurnal