Detail Karya Ilmiah
-
PERSEPSI CALON TENAGA DIDIK TERHADAP TAYANGAN BERITA SISWA BERANI PADA GURU DI MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Kuantitatif Konten Komunikasi Massa Dalam Persepsi Calon Guru)Penulis : Yusuf ArrofatDosen Pembimbing I : Dr. Yuliana Rakhmawati, S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Abstraksi
Abstrak - Penelitian ini di latar belakangi oleh viralnya berita siswa berani pada guru di media sosial di kalangan Mahasiswa, sehingga peneliti tertarik untuk mengungkap persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura yang telah merasakan secara langsung mengajar di sekolahan dari Praktek Lapangan Persekolahan (PLP). Penelitian ini mengungkapkan dari sudut pengetahuan, sikap, dan perilaku responden terhadap tayangan berita siswa berani pada guru di media sosial. Penelitian ini disusun menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan aplikasi SPSS 23 dalam pengolahan uji validitas dan Uji reliabilitas dan juga menyajikan tabulasi silang (Crosstab) Hasil Penelitian ini adalah (1) dari segi pengetahuan responden, tayangan tersebut dianggap sangat penting sebagai referensi perkembangan kasus di dunia pendidikan, faktor siswa berani pada guru adalah faktor dari lingkungan negatif. Pesan yang diambil dari tayangan ini adalah pentingnya mengenal karakter siswa. (2) Dari segi sikap, responden merasa tayangan tersebut juga memiliki dampak sebagai pertimbangan untuk menjadi guru di masa depan, setuju menghukum ketika ada siswa berani pada guru tetapi responden merasa keberatan dengan adanya UU perlindungan anak yang menjadi penghambat dalam melakukan pendisiplinan kepada siswa. (3) Dari segi perilaku responden, menggunakan teguran verbal baik yang disampaikan langsung kepada siswa ataupun melewati orangtua. Responden menganggap cara pencegahan yang relevan adalah mengembangkan bakat siswa. Kata Kunci : Persepsi, Mahasiswa FIP UTM, Berita siswa berani pada guru
AbstractionAbstract - This study was covered by viral news of the student against to the teacher in social media among college students, so that the researchers are interested in revealing the perceptions of college students of the Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura who have felt directly teaching in schools from the Field Schooling Practices (PLP). This study revealed from the perspective of respondents’ knowledge, attitudes and behavior towards news of students against the teachers on social media. This study was compiled using quantitative methods and using the SPSS 23 application in processing validity and Cronbach’s Alpha reliability testing and also provides with cross-tabulation (Crosstab). The result of this study conducted, (1) in terms of respondent’s knowledge, the program was considered very important as a reference for the development of cases in the world of education, the factor of the student against to the teacher is the factor of negative environment. The message taken from this program is the importance of knowing students’ character. (2) in terms of attitude, the respondents felt that program also have the impact as consideration to be th teacher in the future time, agree to punish when there are the students against to the teacher but the respondent felt objected to the child protection law which becomes a barrier in doing of disciplining to the students. (3)in terms of respondent’s behaviour, using verbal reprimands who delivered directly to the students or through of parents. The respondents considered a relevant way of prevention is to develop of students talent. Keywords : Perception, College students of FIP UTM, The news of the student against to the teacher.