Detail Karya Ilmiah

  • PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMASARAN SOSIAL (Studi deskriptif kualitatif pada akun media sosial instagram @nurulhayatku Surabaya)
    Penulis : Fitrah Renaldy S
    Dosen Pembimbing I : Surokim, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana penggunaan Instagram sebagai media promosi pemasaran sosial. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan Obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, pemaparan data, dan kesimpulan. Objek pada penelitian ini yaitu akun sosial media Instagram @nurulhayatku, dan dikaitkan dengan teori yang digunakan yaitu teori Pemasaran Sosial sebagai Lembaga sosial dan Teori New Media. Penulis menemukan tujuh point dalam kategori pemasaran sosial melalui sosial media Instagram yang di gunakan oleh Yayasan Nurul hayat, yang dapat diklasifikasikan sebagai berikut. Yang pertama adalah, Mampu Meningkatkan Kualitas Kehidupan Masyarakat Mustahiq dengan Pelayanan Nurul Hayat, yang kedua adalah Mampu Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Konsumen atau Masyarakat (Mustahiq), yang ketiga adalah Mampu Mempertahankan Pelanggan, dan yang ke empat adalah Media Sosial Sebagai Media Promosi, yang ke lima adalah Foto Profil dan Bio Sebagai Daya Tarik Pelanggan, dan selanjutnya yang ke enam adalah Konten Instagram Nurul Hayat, kemudian yang ke tujuh adalah Pemanfaatan Fitur Instagram. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pihak Yayasan Nurul Hayat telah menggunakan Instagram sebagai media pemasaran sosial.

    Abstraction

    The goal of this research is how to use Instagram as a social marketing promotional medium. This type of research is using qualitative descriptive research methods. Methods data collection uses Obeservasi, interviews and documentation. The validity method of data uses data source triangulation. Data analysis techniques are done through three phases: data reduction, data exposure, and conclusion. The object in this research is the social media account of Instagram @nurulhayatku, and is associated with The theory used is the theory of social marketing as a social institution and New Media Theory. The author finds seven points in the social marketing category through social media Instagram used by Nurul Hayat Foundation, which can be classified as follows. The first is, able to improve the quality of people's life Mustahiq with the Ministry of Nurul Hayat, the second is able to improve the welfare of consumers or society (MUSTAHIQ), the third is able to sustain the customer, and the fourth is social media as a media promotion, the fifth is the profile photo and Bio as the attraction of the customer, and the sixth is the Instagram content Nurul Hayat, then the seventh is the use of Instagram features. So, it can be concluded that Yayasan Nurul Hayat has been using Instagram as a social marketing medium.

Detail Jurnal