Detail Karya Ilmiah

  • MOTIVASI DAN PRESENTASI DIRI JURNALIS YOUTUBER (Study Deskriptif Kualitatif Jurnalis YouTuber Embun TV, Bening TV, Angkringan Kopi)
    Penulis : claerika octavia tri andriana
    Dosen Pembimbing I : Dr Nikmah Suryandari S.Sos, M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Saat ini banyak jurnalis yang memanfaatkan kepopuleran YouTube, khususnya jurnalis media televisi yang hasil karyanya berupa audio visual yang sesuai dengan kriteria YouTube. Berdasarkan dari fakta tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan presentasi diri jurnalis yang menggunaan YouTube. Salah satunya adalah bagaimana jurnalis bisa termotivasi dengan adanya YouTube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan datanya menggunakan observasi non partisipan, wawancara mendalam kepada informan serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunaan adalah purposive sampling menggunakan anlisis redusi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari hasil peneliti adalah motivasi jurnalis menggunakan YouTube adalah untuk menyimpan dokumen-dokumen liputan maupun dokumen pribadi yang diabadikan di YouTube. Berawal dari coba-coba dan iseng kemudan termotivasi menjadi YouTube. Bentuk inovasi dari jurnalis apabila sudah memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh YouTube. Financial yang menjadikan jurnalis termotivasi menjadi YouTuber yang merupakan bentuk dari karateristik need for achievment. Kata kunci : Jurnalis, motivasi, presentasi diri, youtuber

    Abstraction

    ABSTRACT At the moment many journalists are making use of YouTube's popularity, especially television media journalists whose work is in the form of audio visual in accordance with YouTube criteria. Based on these facts this study aims to determine the motivation and self-presentation of journalists who use YouTube. One of them is how journalists can be motivated by YouTube. The method used in this research is descriptive qualitative by collecting data using non-participant observation, in-depth interviews with informants and documentation. Data collection techniques used were purposive sampling using data reduction analysis, data presentation and verification. The data validity technique uses source triangulation. The conclusion from the researchers' results is that the motivation of journalists to use YouTube is to store coverage documents and personal documents enshrined on YouTube. Starting from trial and error and then motivated to become YouTube. A form of innovation from a journalist if it meets the requirements set by YouTube. Financial motivates journalists to become a YouTuber which is a form of the characteristics of need for achievment. Keywords: Journalist, motivation, self-presentation, YouTuber

Detail Jurnal