Detail Karya Ilmiah
-
PENGELOLAAN INFORMASI DEPARTEMEN HUMAS PT PAL INDONESIA (PERSERO) DALAM MEMBANGUN CITRA BAIK PERUSAHAAN PADA ISU BUMN MERUGI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0Penulis : Reri Septiana KusumaDosen Pembimbing I : Dr. Sri Wahyuningsih, S.Sos., M.Si.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Abstrak Pengelolaan informasi yang dilakukan PT PAL Indonesia (Persero) menggunakan Instagram sebagai social media listening dalam kegiatan monitoring isu serta digunakan sebagai social media analytic terhadap audience untuk menentukan selera dan segmentasi guna membangun komunikasi citra baik perusahaan.Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan informasi departemen Humas PT PAL Indonesia (Persero) dalam membangun citra baik perusahaan pada isu terkait BUMN merugi di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dipilh dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen informasi PT PAL Indonesia (Persero) berhasil dalam membangun citra baik perusahaan dengan adanya isu terkait BUMN merugi. PT PAL Indonesia (Persero) memanfaatkan Instagram sebagai media publikasi. Penerapan strategi komunikasi dengan berbasis media sosial dipilih PT PAL Indonesia (Persero) karena dapat menjangkau target audience yang lebih luas. Kata kunci : manajemen informasi, social media listening, agenda setting, citra baik perusahaan.
AbstractionAbstract Information management conducted by PT PAL Indonesia (Persero) uses Instagram as a social media listening in monitoring issues and is used as an analytic social media to the audience to determine tastes and segmentation in order to build a good corporate image communication. The purpose of this research is to find out how the management is managing PR department information PT PAL Indonesia (Persero) in building a good image of the company on issues related to BUMN loss in the era of the industrial revolution 4.0. This research uses descriptive qualitative research. Data collection methods use observation, interviews, and documentation. The informants were chosen by purposive sampling method. Data analysis using Miles and Huberman techniques, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that PT PAL Indonesia (Persero) 's information management was successful in building a good corporate image with the issue of BUMN loss. PT PAL Indonesia (Persero) uses Instagram as a publication media. PT PAL Indonesia (Persero) has chosen a communication strategy based on social media because it can reach a wider target audience. Keywords: information management, social media listening, agenda setting, company good image.