Detail Karya Ilmiah
-
AN ANALYSIS OF CHILDREN WITH DYSGRAPHIA’S WRITING FOUND AT YAYASAN SEBAYA IN SIDOARJOPenulis : Uchi Chay NantiDosen Pembimbing I : Mohammad Halili, MLangStDosen Pembimbing II :Abstraksi
Tujuan dari penelitihan ini yaitu fokus pada anak dengan dysgraphia di Yayasan Sebaya, Sidoarjo. Penelitihan ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik tulisan tangan yang di buat oleh anak dengan dysgraphia berdasarkan theori yang dikemukakan oleh Goodwin dan Thomson (2006). penelitihan ini juga bertujuan untuk menginvestigasi faktor-faktor kesulitan dalam menulis yang dihadapi oleh anak-anak dengan dysgraphia berdasarkan theori yang dikemukakan oleh Lerner (2003). Penellitihan ini menggunakan metode kualitatif karena data yang digunakan dalam bentuk teks. sumber data yang digunakan dalam penelitihan ini menggunakan 6 anak dengan dysgraphia dari Yayasan Sebaya, Sidoarjo, sedangkan data dari penelitihan ini diperoleh dari bentuk tulisan anak-anak dengan dysgraphia meliputi bentuk penulisan huruf, kata, frasa maupun kalimat. Pada penelitihan ini, penulis menemukan beberapa karakter tulisan tangan anak dengan dysgraphia melliputi penulisan huruf kapital secara tidak beraturan atau tidak sesuai dengan tata cara penulisan yang benar, bentuk huruf yang terbalik, penulisan yang tidak sesuai dengan tanda baca, kehilangan huruf atau kata dalam suatu kata, frasa, maupun kalimat, salah ejaan dalam penulisan kata, malapapropism, dan penulisan kalimat tidak sesuai dengan standard penulisan yang benar. namun, pada penelitihan ini penulis tidak menemukan satu karakeristik tulisan tangan anak dengan dysgraphia berdasarkan theori Goodwin dan Thomson (2006) yaitu misinterpreting of question atau menuliskan sesuatu yang tidak sesuai dengan perintah dikarenakan instruksi yang terlalu panjang. Anak dengan dysgraphia mengalami kesulitan dalam menulis dikarenakan oleh faktor persepsi secara visual dan persepsi secara auditori, yaitu visual discrimination, figure-ground discrimination, spatial relation, letter recognition, visual discrimination and reversal, phonological awareness, auditory discrimination, auditory memory, auditory sequencing, and auditory blending berdasarkan theori Lerner (2003).
AbstractionThis study focuses on children with dysgraphia found at Yayasan Sebaya, in Sidoarjo. This study aims to identify the characteristics of handwriting made by children with dysgraphia proposed by Goodwin and Thomson (2006) and also to investigate the contributing factors of writing difficulties made by children with dysgraphia found at Yayasan Sebaya, in Sidoarjo proposed by Lerner (2003). This study was conducted by using qualitative method because the data delivered into text form. The source of data in this study used six participants who are dysgraphia that came from Yayasan Sebaya, Sidoarjo. While the data itself came from the form of letters, words, phrase nor sentences produced by six children with dysgraphia from Yayasan Sebaya, Sidoarjo. In the findings, the writer found the use of upper upper-case exclusively or randomly, letter back to front, random or non-existent punctuation, missing letters or words, spelling errors, malapropism, and non-standard sentence structure as the characteristics of handwritings made by children with dysgraphia. However, the writer did not find misinterpreting of question which is one of the characteristics of handwriting made by children with dysgraphia. While, the contributing factors of writing difficulties are caused by visual and auditory perception. those are, visual discrimination, figure-ground discrimination, spatial relation, letter recognition, visual discrimination and reversal, phonological awareness, auditory discrimination, auditory memory, auditory sequencing, and auditory blending.