Detail Karya Ilmiah

  • Socio and Historical Context in Unicorn Stories: Comparative Children Literature Study
    Penulis : AYU PUTRI BHAKTI
    Dosen Pembimbing I : IMRON WAKHID HARITS, Ph.D.
    Dosen Pembimbing II :-
    Abstraksi

    Skirpsi ini adalah studi tentang komparatif sastra anak dalam dua cerita anak dari konteks sosial dan hubungan sejarah serta pandangan transmisi budaya tentang unicorn. Tujuan dari studi ini adalah, untuk menjelaskan konteks hubungan sejarah unicorn dan transmisi budaya dari budaya yang berbeda di berbagai negara dalam dua kisah cerita anak yaitu The Unicorn dan The Brave Little Tailor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah dua cerita anak. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan catatan sebagai instrumen untuk mendapatkan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori Emer O 'Sullivan tentang studi komparatif sastra anak. Studi ini menemukan bahwa komparatif sastra anak dari konteks sosial dan hubungan sejarah juga perspektif transmisi budaya melalui karakter unicorn, konteks sosial dan hubungan sejarah unicorn, transmisi budaya, studi intertekstualitas, studi aliran sastra, historiografi, dan sejarah studi sastra ana. Dalam penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa komparatif sastra anak dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang konteks sosial dan hubungan sejarah serta perspektif transmisi budaya tentang unicorn yang berhubungan dengan dua cerita unicorn. Kata kunci: Studi komparatif sastra anak, konteks sosial dan hubungan sejarah, lima bidang studi komparatif sastra anak, transmisi budaya.

    Abstraction

    This thesis is a study about comparative children literature in two children stories from the socio and historical context also cultural transmission perspectives about the unicorn. The objective of the study is, to explain the historical context of the unicorn and the cultural transmission from different cultures in different countries in the two children stories The Unicorn and The Brave Little Tailor. The method used in this study is qualitative. The data resource of this study was two children's stories. In collected the data, the writer used notes as an instrument to get the data. The technique of data analysis in this study is Emer O’Sullivan’s theory about comparative children literature studies. The study found that the comparative children literature from the socio and historical context also cultural transmission perspectives through unicorn’s character, the social and historical context of the unicorn, cultural transmission, intertextuality studies, genre studies, historiography, and history of children literature studies. In this study, the writer concludes that comparative children literature can give a deeper understanding of the socio and historical context also cultural transmission perspectives about unicorn dealing with two stories of the unicorn. Keywords: Comparative children literature studies, social and historical context, five areas of Comparative children literature studies, cultural transmission.

Detail Jurnal