Detail Karya Ilmiah
-
perancangan dan pembuatan sistem rem elektrik menggunakan gaya elektromagnetikPenulis : Moch ZainiDosen Pembimbing I : Hairil Budiarto., ST.MTDosen Pembimbing II :Faikul Umam., S.Kom.,MTAbstraksi
Kendaraan merupakan suatu alat yang banyak digunakan oleh manusia sebagai sarana transportasi dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Kendaraan saat ini umumnya menggunakan rem mekanik untuk melakukan pengereman, rem mekanik ini memiliki sistem yang membutuhkan gaya gesekan untuk menghasilkan perlambatan pada kendaraan. Gaya gesek yang dilakukan akan membuat bantalan pada rem mekanik mengalami pengikisan dan perlunya melakukan penggantian bantalan secara berkala. Pada tugas akhir ini membahas perancangan dan pembuatan sistem pengereman menggunakan rem elektrik sebagai penunjang kinerja rem mekanik. Rem elektrik yang memiliki keunggulan dalam bidang media yang digunakan dibandingkan dengan rem mekanik yaitu rem elektrik tidak membutuhkan media gesek untuk melakukan perlambatan, melainkan rem elektrik menggunakan empat buah piringan alumunium sebagai media gaya magnetik, sedangkan kumparan atau lilitan dengan inti didalamnya akan menghasilkan gaya elektromagnetik sebagai aktuator pengereman. Rem elektrik ini menerapkan kontrol metode PID dengan nilai kp=5, ki=1, dan kd=3 yang diperoleh dari hasil percobaan dengan respon yang memiliki nilai error yang relatif kecil. Sistem pengereman yang dilakukan akan menjaga kecepatan sesuai dengan nilai setpoint yaitu 5100 rpm. Pengereman elektromagnetik ini menghasilkan pengereman maksimal 500 rpm dan membutuhkan waktu antara 9 hingga 15 detik untuk mencapai posisi steady state. Kata kunci : rem elektrik, elektromagnetik, kontrol PID.
AbstractionVehicle is a tool that is widely used by humans as a means of transportation in performing daily activities. Today's vehicles generally use mechanical brakes for braking, this mechanical brake has a system that requires frictional force to produce a slowdown in the vehicle. Frictional force will make the bearing on the mechanical brake experience of erosion and the necessity to make the bearing replacement periodically. In this final project discusses the design and manufacture of braking systems using electric brakes as a supporting performance of mechanical brakes. Electric brakes that have advantages in the field of media used compared to mechanical brake electric brakes do not require friction medium to do the deceleration, but electric brakes use four aluminum disks as a magnetic force medium, while the coil or coil with the core in it will produce an electromagnetic force as braking actuators. This electric brake implements the control of the PID method with the values ??kp = 5, ki = 1, and kd = 3 obtained from the experimental results with the response having a relatively small error value. Braking system will keep the speed in accordance with the setpoint value of 5100 rpm. This electromagnetic braking produces a maximum braking of 500 rpm and takes between 9 to 15 seconds to reach the steady state position. Keywords: electric brakes, electromagnetic, PID control.