Detail Karya Ilmiah

  • Penilaian Kinerja Karyawan Berdasarkan Kompetensi Spencer Dengan Metode AHP (Analytical Hyrarchy Proccess) dan SAW (Simple Additive Weighting) ( Studi Kasus : PT. Romi Violeta )
    Penulis : Aries Setyo Wahyudi
    Dosen Pembimbing I : Dr. Kukuh Winarso, S.Si., MT. IPM, ASEAN Eng
    Dosen Pembimbing II :Imron Kuswandi, ST., MT
    Abstraksi

    Peneltitian ini bertujuan untuk mengusulkan perancangan penilaian kinerja karyawan berdasarkan kompetensi spencer di PT. Romi Violeta. PT Romi Violeta sebagai salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang furnitur rotan, kayu, kaca dan metal yang terletak di kecamatan buduran Sidoarjo. Selama ini terus terjadi komplain produk oleh pembeli, hal ini menyebabkan produktivitas perusahaan menurun. Salah satu yang berpengaruh yaitu quality control (QC). Kinerja QC dirasa tidak maksimal sehingga perlu dilakukan penilaian kinerja karyawan berdasarkan kompetensi spencer sebagai dasar pemberian insentif. Hasilnya bobot kompetensi karyawan terbagi atas: meminimalisir komplain (0,092), memahami SOP (0,140), koperatif dengan produksi (0,07), berorientasi pada pelanggan (0,119), komunikatif (0,046), keahlian teknikal (0,288), memprioritaskan komplain (0,187), implementasi standard kualitas (0,054). Dari penelitian ini pemberian insentif yang tepat adalah menggunakan pembagian laba, dimana insentif yang diberikan berdasarkan pada peningkatan kinerja karyawan. Kata Kunci : PT. Romi Violeta, Kompetensi, Insentif

    Abstraction

    This research aims to propose the design of employee performance appraisal based on the competence of spencers at PT. Romi Violeta. PT Romi Violeta as one of the manufacturing companies engaged in rattan, wood, glass and metal furniture located in the Sidoarjo district of Buduran. During this product complaints continue to occur by the buyer, this causes the company's productivity to decline. One of the influences is quality control (QC). QC performance is deemed not optimal so it is necessary to assess employee performance based on Spencer's competence as a basis for incentives. The result is employee competency weights are divided into: minimizing complaints (0.092), understanding SOP (0.140), cooperative with production (0.07), customer-oriented (0.119), communicative (0.046), technical expertise (0.288), prioritizing complaints (0.187) ), the implementation of quality standards (0.054). From this research the right incentive is to use profit sharing, where the incentives are based on improving employee performance. Keywords: PT. Romi Violeta, Competence, Incentives

Detail Jurnal