Detail Karya Ilmiah

  • Strategi Peningkatan Keberlanjutan Industri Wingko Klapa Muda Babat Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Bmc)
    Penulis : Firman Arief Soejana
    Dosen Pembimbing I : Khoirul Hidayat, ST., MT
    Dosen Pembimbing II :Moh. Fuad FM. S.TP., M.Si
    Abstraksi

    Wingko merupakan jajanan khas yang berasal dari Babat Kabupaten Lamongan yang di produksi oleh UMKM Klapa Muda. Persaingan yang terjadi membuat produksi tidak stabil, bahkan mengalami penurunan. UMKM Klapa Muda saat ini harus cepat berkembang, karena kompetitor yang menjual produk serupa sudah tidak sedikit lagi. Dalam penelitian ini menggunakan pengembangan Business Model Canvas yang di bantu menggunakan matriks Internal factor Evaluation, Eksternal Factor Evaluation, Internal-Eksternal, analisa matriks SWOT, dan analisa QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks). Untuk tahap pembobotan 5 prioritas strategi yang digunakan untuk penetrasi pasar dan pengembangan produk dengan mengaplikasikan konsep Business Model Canvas (BMC) untuk strategi UMKM Klapa Muda Babat yaitu 1) Customer Relationship Meningkatkan kegiatan promosi dengan nilai 2,401, 2) Customer Segments menjalin loyalitas pelanggan dengan nilai 2,386, 3) Value Proposition menjamin kualitas produksi dan meningkatkan produk dengan nilai 2,24, 4) Channels menjalin hubungan dengan pemerintah dengan nilai 2,015, 5) Key Resources Pengembangan teknologi mesin dan peralatan dengan nilai 1,308. Kata Kunci : Business Model Canvas, SWOT, Wingko Babat.

    Abstraction

    Wingko is one of Indonesian Snack from Babat of Lamongan Regency which is produced by UMKM Klapa Muda. Compete makes the production unstable, even decreased. Right now UMKM Klapa Muda must develop rapidly, because there are already many competitors selling similar products. In this study using the Business Model Canvas Development that is assisted using the Internal factor Evaluation matrix, External Factor Evaluation, Internal-External, SWOT matrix analysis, and QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks) analysis. For the weighting stage, 5th priority strategies used for market penetration and product development by applying Business Model Canvas (BMC) concept to UMKM Klapa Muda Babat strategy, it is 1) Customer Relationship Increasing promote activities with a value of 2,401, 2) Customer Segments establish customer loyalty with a value of 2,386, 3) Value Proposition guarantees production quality and mproves products with a value of 2.24, 4) Channels has a relationship with the government with a value of 2,015, 5) Key Resources Development of machine and equipment technology with a value of 1,308. Keywords : Business Model Canvas, SWOT, Wingko Babat.

Detail Jurnal