Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PENENTUAN LOKASI KIOS BARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALITICAL NETWORK PROCESS (ANP) Studi Kasus : (UD. Lumpia Dewo)Penulis : Elva Nafisa NurwadikhaDosen Pembimbing I : Khoirul Hidayat S.T., M.T.Dosen Pembimbing II :Dr. Mohammad Fuad FM, STP. M.Si.Abstraksi
Lokasi strategis menjadi salah satu faktor penting dan juga menentukan keberhasilan suatu usaha. Dalam memilih lokasi usaha, pemilik usaha harus mempertimbangkan faktor-faktor pemilihan lokasi, karena lokasi usaha akan berdampak pada kesuksesan usaha. Lumpia dewo merupakan jajanan khas dari Kabupaten Lamongan yang penjualannya sudah hampir ke seluruh daerah. Tujuan MCDM Multi Criteria Decision Making adalah untuk memilih alternatif terbaik dari beberapa alternatif ekslusif yang saling menguntungkan atas dasar performansi umum dalam bermacam-macam kriteria atau atribut yang sudah ditentukan oleh pengambil keputusan. Metode ANP dapat membantu pengambilan keputusan dalam memperoleh alternatif terbaik dengan menampilkan urutan prioritas perangkingan. Sofwere yang digunakan dalam perhitungan metode ANP yaitu sofwere superdecision. Terdapat beberapa cluster diantarannya yaitu potensi pasar (daya beli dan daya saing) aksesibilitas (lokasi dekat dengan jalan raya dan lokasi dekat dengan pemukiman) tenaga kerja (ketersediaan tenaga kerja dan biaya transportasi) jangkauan (target pemasaran) dan rekapitulasi & kepercayaan (kerjasama dalam jangka panjang dan ketepatan proses pengiriman). Alternatif yang dipertimbangkan yaitu Lamongan, Jombang, Bojonegoro, Malang. Hasil analisis menunjukan bahwa jombang merupakan lokasi yang sesuai untuk lokasi kios baru. Hal ini dapat dilihat dari nilai ideals pada hasil menunjukan Jombang 1, Lamongan 0,600387, Malang 0,474348 dan Bojonegoro 0,429984.
AbstractionStrategic location is one of the important factors and also determines the success of a business. In choosing a business location, business owners must consider the factors of site selection, because the location of the business will have an impact on business success. Lumpia dewo is a typical hawker from Lamongan Regency whose sales are almost to all regions. The purpose of the MCDM Multi Criteria Decision Making is to choose the best alternative from several mutually exclusive alternatives on the basis of general performance in a variety of criteria or attributes that have been determined by the decision maker. The ANP method can assist decision making in obtaining the best alternative by displaying ranking priorities. The software used in the calculation of the ANP method is the superdecision software. There are several clusters among them, namely market potential (purchasing power and competitiveness) accessibility (locations close to highways and locations close to settlements) labor (availability of labor and transportation costs) reach (target marketing) and recapitulation & trust (cooperation in term length and accuracy of the shipping process). The alternatives considered are Lamongan, Jombang, Bojonegoro, Malang. The analysis shows that Jombang is a suitable location for a new kiosk location. This can be seen from the ideals on the results showing Jombang 1, Lamongan 0,600387, Malang 0,474348 and Bojonegoro 0,429984.