Detail Karya Ilmiah
-
STRATEGI PEMILIHAN SUPPLIER SUSU SAPI MILKOW DENGAN METODE SWOT DAN ANP (Analityc Network Process) (Studi kasus CV. Cakra Ningrat Putra Pratama)Penulis : Candra KurniawatiDosen Pembimbing I : Dr. Ir. Raden Faridz, MPDosen Pembimbing II :Ir. Muhammad Fakhry, MPAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh pada pemilihan supplier dari faktor internal dan eksternal perusahaan susu Milkow CV. Cakra Ningrat Putra Pratama. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode Analisis SWOT adalah indentifikasi dari berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi bisnis bagi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strength), dan peluang (Opportunities). Serta dapat meminimalkan kelemahan (Weakness) dan ancaman (Threats). Metode ANP (Analityc Network Process) merupakan pengembangan dari metode AHP (Analityc Hierarchy Process). Metode ini digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dengan banyak kriteria. Pembobotan dengan metode ANP (Analityc Network Process) menghasilkan kriteria penilaian yang sudah terbobot dengan menggunakan rating scale 1-9.Pengumpulan data didapatkan dari wawancara dan penyeberan kuesioner kepada Direktur perusahaan, Manager produksi dan Kepala produksi. Hasil penelitian ini menemukan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pemilihan supplier susu sapi Milkow pada CV. Cakra Ningrat Putra Pratama adalah faktor kualitas, harga, ketepatan, responsibilitas, pelayanan dan cuaca. Kekuatan utama pada CV. Cakra Ningrat Putra Pratama mutu susu konsisten dan respon terhadap permintaan cepat, sedangkan kelemahan utama pada CV. Cakra Ningrat Putra Pratama yakni respon complain rendah,sedangkan faktor yang menjadi peluang pada utama CV. Cakra Ningrat Putra Pratama yakni produksi susu melimpah saat cuaca mendukung serta yang menjadi ancaman utama pada CV. Cakra Ningrat Putra Pratama yakni cuaca yang tidak menentu. Rumusan strategi yang dihasilkan dari matriks SWOT dengan melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman, didapatkan 4 alternatif strategi pemilihan supplier, yaitu mendapatkan jaminan dari supplier, membuat forcasting pembelian bahan baku, dapat memenuhi permintaan susu sesuai kebutuhan perusahaan dan menyediakan stock opname yanglebih banyak. Alternatif strategi yang prioritasnya paling tinggi untuk dipilih adalah mendapatkan jaminan dari supplier.
AbstractionThis study aims to determine the factors that influence the selection of suppliers of internal and external factors Milkow milk company CV. Ningrat Putra Primary Chakra. The method used in this study is the SWOT Analysis method is the identification of various factors systematically to formulate a business strategy for the company. This analysis is based on logic that can maximize strengths and opportunities. And can minimize weaknesses (Weakness) and threats (Threats). ANP (Analytical Network Network) method is a development of the AHP (Analytical Hierarchy Process) method. This method is used to solve problems with many criteria. Weighting with the ANP (Analytical Network Network) method results in weighted assessment criteria using a rating scale of 1-9. Data collection is obtained from interviews and questionnaires given to company directors, production managers and heads of production. The results of this study found the factors that influence the selection of Milkow cow milk suppliers on CV. Chakra Ningrat Putra Pratama is a factor of quality, price, accuracy, responsibility, service and weather. The main strength of the CV. Cakra Ningrat Putra Pratama milk quality is consistent and the response to demand is fast, while the main weakness in CV. Chakra Ningrat Putra Pratama namely low complaint response, while the factors that become opportunities in the main CV. Chakra Ningrat Putra Pratama which is abundant milk production when the weather supports as well as being the main threat to the CV. Chakra Ningrat Putra Pratama which is uncertain weather. The formulation of the strategy generated from the SWOT matrix by looking at strengths, weaknesses, opportunities and threats, obtained 4 alternative supplier selection strategies, namely obtaining guarantees from suppliers, making forcasting purchases of raw materials, can meet milk demand according to company needs and provide more stock taking . The alternative strategy with the highest priority to choose is to get guarantees from the supplier.