Detail Karya Ilmiah

  • PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN MELALUI METODE HR SCORECARD (STUDI PADA PT BPRS BHAKTI SUMEKAR, SUMENEP)
    Penulis : Sebrang Pratama
    Dosen Pembimbing I : Dr. Muhammad Alkirom Wildan, S.E., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Dr. Hj. Iriani Ismail, Dra., M.M.
    Abstraksi

    Perusahaan perlu melakukan pengukuran atas kinerja mereka, karena ini akan menentukan berhasil atau tidaknya sumber daya manusia dalam mendukung aktivitas bisnis perusahaan untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan perusahaan. Belum adanya standar baku penilaian kinerja pada karyawan menjadi permasalahan dalam PT BPRS Bhakti Sumekar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model serta mengukur kinerja karyawan di PT BPRS Bhakti Sumekar berdasarkan pendekatan HR Scorecard. Teknik analisis data dengan metode Analytical Hierarchy Proces (AHP). Hasil pembobotan untuk perspektif HR Scorecard diketahui bahwa perspektif financial memiliki bobot paling besar, kemudian perspektif learning and growth, perspektif customer dan paling rendah adalah perspektif internal business process. Ini berarti bahwa dari keempat perspektif HR Scorecard yang menjadi prioritas perusahaan PT BPRS Bhakti Sumekar adalah perspektif financial. Hasil Pengukuran menunjukkan bahwa kinerja empat persepktif HR Scorecard berkategori baik dan secara keseluruhan kinerja karyawan PT BPRS Bhakti Sumekar baik.

    Abstraction

    The companies need to measure their performance, because it will determine the success or failure of human resources in supporting the company’s business activities to realize the vision, mission and goals’s company. The lack of employees performance appraisal standard is a problem in PT BPRS Bhakti Sumekar. The aims of this study are to develop models and measure employees performance in PT BPRS Bhakti Sumekar based on the HR Scorecard approach. Data analysis techniques using Analytical Hierarchy Proces (AHP) method. The results showed that financial perspective has the greatest weight, then the learning and growth perspective, the customer perspective and the lowest is the internal business process perspective. It means that the internal business process perspective must be priorities in PT BPRS Bhakti Sumekar. Generally, the results showed that the employees performance of the fourth perspectives is in a good category or overall the employees performance in PT BPRS Bhakti Sumekar is good.

Detail Jurnal