Detail Karya Ilmiah
-
STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN SUMENEPPenulis : Tri Budihastuti, S.SosDosen Pembimbing I : Dr. Ir. Nurita Andriani, M.MDosen Pembimbing II :Dr. H. Pribanus Wantara, Drs, M.MAbstraksi
Kabupaten Sumenep yang memiliki 25 obyek wisata berada pada rangking ke-16 dari 20 Kabupaten dan Kota yang dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karenanya dibutuhkan strategi yang tepat agar tingkat kunjungan wisata semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis SWOT yang dapat diterapkan dalam pemasaran pariwisata di Kabupaten Sumenep. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan studi pustaka, observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah SWOT untuk mengetahui faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor-faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang kemudian akan dimasukkan ke dalam matriks SWOT. Dari data di tabel IFAS dan EFAS diketahui bahwa pemasaran pariwisata berada pada kuadran I, sehingga strategi pemasaran pariwisata di Kabupaten Sumenep adalah: melakukan strategi growth oriented strategy dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas obyek wisata yang ada di Kabupaten Sumenep, memperluas jangkauan pemasaran dengan memaksimalkan jejaring media dan biro perjalanan wisata, peningkatan kemampuan pengelola obyek wisata yang berbasis partisipatif masyarakat dan meningkatkan investasi dan kerjasama dengan semua pihak agar dapat bersinergi dalam meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Sumenep. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pariwisata, SWOT, Kabupaten Sumenep.
AbstractionSumenep Regency which has 25 tourism objects is in the 16th rank of the 20 Regencies and Cities visited by tourists. Therefore, the right strategy is needed so that the level of tourist visits increases from year to year. The objective of this study is to find out the SWOT analysis that can be applied in tourism marketing in Sumenep Regency. The method used is descriptive qualitative method. Techniques of collecting data used are library research, observation, interviews, questionnaires and documentation. The analysis method used is SWOT to determine internal factors (strengths and weaknesses) and external factors (opportunities and threats) which will be included in the SWOT matrix. From the data in IFAS and EFAS tables, it is known that tourism marketing is in quadrant I, so the tourism marketing strategies in Sumenep Regency are: carrying out a growth oriented strategy by increasing the quality and quantity of tourism objects in Sumenep Regency, expanding the reach of marketing by maximizing networking media and travel agents, enhancing the abilityof community participatory-based tourism managers and increasing investment and cooperation with all parties inorder to be able tosynergize in increasingtourist visits in Sumenep Regency. Keywords: Marketing Strategy, Tourism, SWOT, Sumenep Regency.