Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran service performance dan climate organization secara parsial maupun simultan dan untuk mengetahui apakah kedua variable berpengaruh terhadap kepuasan nasabah berdasarkan persepsi (Studi pada mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Samplig dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, regresi linier berganda, uji F (simultan) dan Uji T (Parsial) Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pada dasarnya nasabah merasakan kepuasan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang terkait dengan layanan dan suasananya. Salah satunya yang telah diteliti dalam penelitian ini yakni berkaitan dengan service performance dan climate organization, untuk mengetahui apakah benar-benar berpengaruh item yang ada dalam service performance dan climate organization yang terdapat pada pengguna ATM Bank BTN serta sejauh mana pengaruh masing-masing item service performance dan climate organization tersebut mempengaruhi kepuasan nasabah pengguna ATM Bank BTN. Hal ini dapat diuji dengan uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji f sebagai berikut hasilnya, untuk uji t (parsial) variabel service performance (X1) dengan thitung sebesar 4,656 > ttabel 1,985 dengan tingkat signifkansi sebesar 0,000 < 0,05 dan variabel climate organization (X2) dengan thitung sebesar 2,661 > ttabel 1,985 dengan tingkat signifkansi sebesar 0,009 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpukan bahwa kedua variable berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependennya sedangkan untuk uji f (simultan) menunjukkan Fhitung sebesar 113,463 > Ftabel 3,09 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua variable berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependennya secara bersama - sama Kata Kunci: Service Performance, Cilmate Orgaization, Kepuasan Pelanggan.

    Abstraction

    ABSTRACK The purpose of this study is to determine the role of service performance and climate organization partially or simultaneously and to find out whether the two variables affect customer satisfaction based on perception (Study of Trunojoyo University Madura students). This research uses quantitative methods, the sampling method used is Accidental Samplig with a total sample of 100 respondents. The analysis used in this study is to use a validity test, reliability test, normality test, multicollinearity test, heterokedasticity test, multiple linear regression, F test (simultaneous) and T test (partial) Based on the results of the study shows that basically customers feel satisfaction can be influenced by several factors associated with service and atmosphere. One of them that has been examined in this study is related to service performance and climate organization, to find out whether it really influences the items that exist in the service performance and climate organization contained in Bank BTN ATM users and the extent of the influence of each service performance item and the climate organization affects customer satisfaction of Bank BTN ATM users. This can be tested with a hypothesis test consisting of the t test and the f test as follows, for the t test (partial) service performance variable (X1) with a tcount of 4.656> t table 1.985 with a significance level of 0.000 <0.05 and climate variable organization (X2) with a tcount of 2.661> ttable 1.985 with a significance level of 0.009 <0.05. Thus it can be concluded that both variables have a positive and significant effect on the dependent variable while for the f test (simultaneous) shows Fcount of 113,463 > Ftable 3,09 with a significance of 0.000 <0.05. Thus it can be concluded that the two variables have a positive and significant effect on the dependent variable together Keywords: Service Performance, Cilmate Organization, Customer Satisfaction.

Detail Jurnal