Detail Karya Ilmiah

  • Media Sosial Facebook Sebagai Media Promosi Pantai Sono Di Pulau Masalembu Kabupaten Sumenep
    Penulis : Hazizah Fitriani
    Dosen Pembimbing I : Dr. H. Muh. Syarif, Drs. Ec., M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK. Hazizah Fitriani, Media Sosial Facebook Sebagai Media Promosi Pantai Sono Di Pulau Masalembu Kabupaten Sumenep. Di bawah bimbingan Dr. H. Muh. Syarif, Drs. Ec. M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempromosikan Pantai Sono melalui Facebook di pulau Masalembu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara terhadap pengguna Facebook di Masalembu, serta teknik observasi yang berhubungan dengan data-data penelitian dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian mengarahkan bahwa perkembangan digital sangat mendominasikan kehidupan manusia khusunya Facebook yang ada di masyarakat Masalembu. Namun dalam melakukan promosi melalui Facebook tentunya memiliki kendala serta dampak positif dan dampak negatif. Kendala dalam menggunakan Facebook yaitu konten iklan yang harus benar-benar original tidak mengandung sara dan Bahasa, kendala yang berdampak di Masalembu yaitu kekuatan sinyal dimana tidak bisa menerima dengan cepat proses melakukan promosi di Facebook. Dampak positif yaitu Facebook memberikan kemudahan untuk mempromosikan Pantai Sono kepada masyarakat luas, dengan konten iklan yang akan dipromosikan kepada pengguna Facebook. Dampak negatif yaitu beriklan di Facebook harus menetapkan goal yang spesifik serta kemampuan targeting yang tepat, dan harus menerima kritik dan saran dari komentar-komentar para pengunjung akun Facebook lain. Kata Kunci: Sosial Media, Facebook, Promosi

    Abstraction

    ABSTRACT Hazizah Fitriani, Facebook Social Media as Sono Beach Promotion Media on Masalembu Island, Sumenep Regency. Under the guidance of Dr. H. Muh. Syarif, Drs. Ec. M.Si. The purpose of this research is to promote Sono Beach through Facebook on the island of Masalembu. This research uses descriptive research method by using data collection techniques in the form of interviews with Facebook users in Masalembu, and observation techniques related to research data and data analysis techniques used in this study are descriptive. The results of the research lead that digital development strongly dominates human life, especially Facebook in the Masalembu community. But in conducting promotions through Facebook, of course, there are obstacles and positive and negative impacts. The obstacle in using Facebook is that the ad content that must be truly original does not contain sara and language, the constraint the impacts on Masalembu is the signal strength which cannot be quickly received by the promotion process on Facebook. The positive impact is that Facebook makes it easy to promote Sono Beach to the wider community, with advertising content that will be promoted to Facebook users. The negative impact of advertising is that Facebook must set specific goals and appropriate targeting capabilities, and must receive criticism and suggestions from the comments of other Facebook account visitors. Keyword: Social Media, Facebook, Promotion.

Detail Jurnal