Detail Karya Ilmiah

  • Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Menggunakan Pembiayaan Murabahah Serbaguna Di BPRS Bhakti Sumekar Sumenep
    Penulis : Dewi Riski Wardani
    Dosen Pembimbing I : Dahruji, S.E., M.E.I
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Pembiayaan murabahah Serbagauna merupakan salah satu produk pembiayaan yang ada di BPRS Bhakti Sumekar Sumenep. Pembiayaan ini dikhususkan untuk karyawan atau PNS yang membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan karena produk ini bersifat konsumtif. Pembiayaan murabahah Serbaguna juga merupakan produk pembiayaan yang paling banyak diminati oleh nasabah, maka penulis tertarik untuk meneliti faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi preferensi nasabah menggunakan pembiayaan murabahah serbaguna di BPRS Bhakti Sumekar Sumenep. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan pembiayaan murabahah serbaguna di BPRS Bhakti Sumekar Sumenep dengan jumlah responden yang digunakan adalah 70 orang. Pernyataan yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 11 pernyataan yang kemudian di tuangkan ke dalam bentuk kuisioner sebagai pengumpul data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa uji yang diantaranya adalah Uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis faktor. Berdasarkan hasil uji tersebut terdapat tiga faktor dominan yang mempengaruhi preferensi nasabah menggunakan pembiayaan murabahah serbaguna di BPRS Bhakti Sumekar yaitu faktor psikologis, faktor proses dan faktor produk. Ketiga faktor tersebut dapat dilihat melalui nilai eigenvalue dari hasil analisis faktor pada tabel Total Variance Explained. Kata Kunci: Preferensi nasabah, Pembiayaan murabahah, BPRS, Analisis faktor

    Abstraction

    The financing of murabahah serbaguna is one of the financing products available at BPRS Bhakti Sumekar Sumenep. This financing is specifically for employees or civil servants who need funds to fulfill their needs because this product is consumptive. The financing of murabahah serbaguna is also the most preferred financing product for customers, then the authors are interested in examining what factors influence customer preferences using murabahah serbaguna financing in BPRS Bhakti Sumekar. The type of research used is quantitative research. The sample used in this study is customers who use murabahah serbaguna financing in BPRS Bhakti Sumekar Sumenep with the number of respondents used is 70 people. The statement used in this study contained 11 statements which were then poured into questionnaires as data collectors. Data analysis in this study uses several tests which include the validity test, reliability test, and factor analysis. Based on the test results, there are three dominant factors that influence customer preferences using murabahah serbaguna financing in BPRS Bhakti Sumekar, namely psychological factors, process factors and product factors. These three factors can be seen through eigenvalue values from the results of factor analysis in the Total Variance Explained table. Keywords: Customer preferences, Murabahah financing, BPRS, Factor analysis

Detail Jurnal