Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    ABSTRAK Pegadaian merupakan sebuah tempat alternatif pendanaan yang banyak diminati oleh masyarakat. Lembaga pegadaian yang ada di Indonesia saat ini, terdiri dari pegadaian konvensional dan pegadaian syariah. Tingginya minat nasabah terhadap kebutuhan dana cepat dengan prinsip syariah terutama di wilayah Madura menyebabkan pihak pegadaian terdorong untuk memperluas pangsa pasar. Salah satu cara yang dilakukan oleh pegadaian tersebut yakni mengkonversi seluruh outlet pegadaiannya menjadi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan brand (variabel bebas) syariah PT pegadaian terhadap minat masyarakat untuk menggunakan jasa pegadaian syariah (variabel terikat). Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuisioner yang dilakukan kepada 100 responden yakni masyarakat Kabupaten Bangkalan yang mengetahui perubahan brand PT. Pegadaian menjadi syari’ah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis korelasi, uji regresi linier sederhana, koefisien determinasi (R2), dan uji T. Hasil uji korelasi dalam penelitian ini menujukkan bahwa hubungan antara varibel perubahan brand dengan variabel minat bersifat kuat yakni sebesar 0,672. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa perubahan brand berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat Bangkalan menggunakan pegadaian syariah yakni sebesar 39,3 % dan sisanya sebesar 60,7 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Uji-t dilakukan dengan cara melihat nilai Sig dan membandingkan nilai thitung dan ttabel. Nilai Sig < ? (0,000 < 0,025) serta nilai thitung > ttabel (7,967 > 1,98447). Sehingga, H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara perubahan brand terhadap minat masyarakat Bangkalan menggunakan jasa pegadaian syariah. Kata kunci: Perubahan, Brand Syari’ah, Minat Masyarakat.

    Abstraction

    ABSTRACT Pawnshop is an alternative funding place which is excessively interested by societies. Nowadays, the institution of Pawnshop which is exist in Indonesia consists of conventional pawnshop and sharia pawnshop. The high interest of customers to the necessary of fast fund with sharia principles, particularly in the region of Madura, it has caused that the party of pawnshops are encouraged to expand the market share. The one way which is conducted by the pawnshop is conversing all their outlets of pawnshops to be Sharia. This research purposes to find out the effect of Sharia Brand change (independent variable) in PT pegadaian to the interest of societies to use the service of Sharia pawnshop (dependent variable). The primary data in this research is obtained from the spread of questionnaires which are conducted to the 100 respondents, they are the societies of Bangkalan Regency who know about the change of brand in PT. Pegadaian to be Sharia. The techniques of data analysis which are employed in this research are validity test, reliability test, normality test, analysis of correlation, the test of simple linear regression, coefficient of determination (R2), and T test. The result of correlation test in this research shows that the relation between the variable of brand change and the variable of interest are strong, those are 0,627. The result of determination coefficient shows that the brand change has significant effect to the interest of societies at Bangkalan in using Sharia pawnshop, it is 39,3% and the residue is 60,7% affected by other variables which are no mentioned in this research. The t-test is conducted by viewing the value of Sig and comparing the value of thitung dan ttabel. The value Sig < ? (0,000 < 0,025) and also the value thitung > ttabel (7,967 > 1,98447). Therefore, H0 is rejected and Ha is accepted. The conclusion is, there are the significant effects between the change of brand to the interest of Bangkalan societies in using the service of Sharia pawnshop. Keywords: Change, Sharia Brand, the Interest of societies.

Detail Jurnal