Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Ditengah minat mayoritas masyarakat yang lebih memilih untuk mengambil produk asuransi seperti; asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Ternyata ketertarikan terhadap produk asuransi pendidikan seperti FULNADI ini sangat banyak dan memiliki nasabah yang mempunyai minat cukup baik terhadap asuransi pendidikan. Bahkan produk FULNADI ini memiliki nasabah yang cukup konsisten dibanding dengan produk asuransi yang lain. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan produk program pendidikan asuransi jiwa syariah dengan produk yang bernama FULNADI di Asuransi Takaful Keluarga Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah nasabah produk FULNADI di Asuransi Takaful Keluarga Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat faktor dominan yang mempengaruhi nasabah dalam menggunakan produk program pendidikan asuransi jiwa syariah di PT. Asuransi Takaful Keluarga yaitu faktor proses, faktor orang, faktor bukti fisik, dan faktor promosi. Namun demikian faktor proses memiliki korelasi paling kuat yaitu sebesar (0,769); faktor orang memiliki korelasi sebesar (0,696); faktor promosi memiliki korelasi sebesar (0,603); dan faktor bukti fisik memiliki korelasi sebesar (0,423) Kata Kunci: Keputusan,Program Pendidikan (FULNADI), Asuransi Syariah, dan Analisis Faktor.

    Abstraction

    In the interest of the majority of society who prefers to take insurance products such as; life insurance and health insurance. Evidently, the interest to the insurance product of education such as FULNADI, this is very much and has customer who has a good interest at the education insurance. Moreover, in this FULNADI product has consistent customers compared to other insurance product. The research which is conducted by the researcher purposes to find out the factors which can affect the customer decision in using the product of education program of Sharia life insurance with the product that names FULNADI in the insurance of Takaful Keluarga Surabaya. The method which is used in this research is quantitative method. The respondents in this research are the customers of FULNADI products in the Insurance of Takaful Keluarga Surabaya. Data technique of collecting the data uses questionnaire by using Likert scale. The results of this research show that there are four dominant factors which affect the costumers in using the product of education program of sharia life insurance in PT. Insurance of Takaful Keluarga, they are process factors, person factors, physical evidence factors, and promotion factors. But, the process factor has a strong correlation amount of (0.769); person factor has a correlation amount of (0.696); promotion factor has a correlation amount of (0.603); and physical evidence factor has a correlation amount of (0.423). Keywords: Decision, Educational Program (FULNADI), Sharia Insurance, Factor Analysis.

Detail Jurnal