Detail Karya Ilmiah

  • FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT UNTUK MENABUNG DI LEMBAGA KEUANGAN NON BANK (Studi Kasus BMT Sidogiri Socah)
    Penulis : SITTI ROIBAH
    Dosen Pembimbing I : Dony Burhan Noor Hasan, Lc., M.A
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Lembaga keuangan non bank (BMT Sidogiri) meruapakan lembaga keuangan mikro yang dioperasikan dengan prinsip bagi hasil dengan tujuan mengangkat derajat dan martabat serta membela kepentingan kaum fakir miskin. BMT Sidogiri yang terletak di desa Socah Kab. Bangkalan telah menyediakan bermacam-macam produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ada disekitarnya. Perkembangan data nasabah yang minat untuk menabung di BMT Sidogiri Socah, dari tahun 2013 sampai 2017 mengalami perkembangan yang pesat dari jumlah 713 nasabah hingga mencapai 2344 nasabah. Tabungan umum syariah adalah tabungan titipan (wadi’ah) yang pada prinsipnya merupakan simpanan murni dari pihak yang menyimpan atau yang menitipkan kepada pihak penerima titipan untuk dimanfaatkan atau tidak dimanfaatkan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Tabungan umum syariah dapat diambil kapan saja sesuai kebutuhan masyarakat itu sendiri. Permasalahan yang akan diteliti adalah: faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat masyarakat untuk menabung di BMT Sidogiri Socah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner yang disebarkan langsung ke masyarakat yang ada di pasar Socah sebanyak 67 kuesioner. Metode statistik menggunakan analisis faktor. Pembahasan penelitian ini dapat diambil kesimpulan: faktor pertama yang mempengaruhi minat masyarakat adalah faktor people yang terdiri dari budaya, sosial, pribadi, produk. Faktor yang kedua adalah pricing yang terdiri dari psikologis, tempat, promosi. Dari kedua faktor yang ada menunjukkan tingkat pengaruh sebesar 66,603%, sedangkan 33,307% adalah faktor lain yang mempengaruhi minat masyarakat untuk menabung di BMT Sidogiri Socah. Kata kunci: minat konsumen, tabungan BMT Sidogiri.

    Abstraction

    ABSTRACT Non–bank financial institutions (BMT Sidogiri) are microfinance institutions that are operated on the principle of profit sharing with the aim of raising the degree and dignity and defending the interests of the poor people. BMT Sidogiri located in Socah village, Bangkalan district has provided various products according to the needs of the people surrounding the place. As for the product that is most demand by the community itself, especially the community in the Socah market, is sharia general savings. Since 2013 to 2017 there was a rapid development of the number of 713 customers to reach 2.344 customers. Sharia general savings is a deposit (wadi'ah) which in principle is a pure savings from the saver or someone who entrusts to the recipient of the deposit to be utilized or not utilized in accordance to the stipulated provisions. Sharia general savings can be taken at any time according to the needs of the community it self. The problems that will be examined are: what are the factors that influence people's interest in saving in the general savings of the sharia BMT Sidogiri Socah. This research is quantitative research. Data collection was carried out by distributing questionnaires that distributed directly to the community in Socah market as many as 67 questionnaires. Statistical methods used factor analysis. The discussion of this study can be concluded: the first factor that influences people's interest is the people factor which consists of culture, social, personal, and product. The second factor is pricing which consists of psychological, place, promotion. Of the two existing factors, it shows the level of influence of 66.603%, while 33.307% is another factor that influences the saving interest of the community in the Sharia general savings of the BMT Sidogiri Socah. Keywords: customer’s interest, BMT Sidogiri savings.

Detail Jurnal