Detail Karya Ilmiah
-
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK RAHN DI BPRS BHAKTI SUMEKAR SUMENEP KANTOR CABANG MANDINGPenulis : MEGAWATIDosen Pembimbing I : Dony Burhan Noor Hasan, Lc., M.ADosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian dengan judul “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menggunakan Produk Rahn di BPRS Bhakti Sumekar Sumenep Kantor Cabang Manding” yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan rahn di BPRS Bhakti Sumekar Sumenep Kantor Cabang Manding. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah nasabah yang menggunakan produk pembiayaan rahn di BPRS Bhakti Sumekar Sumenep Kantor Cabang Manding sebanyak 100 responden. Data yang dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan menggunakan 11 pernyataan. Analisis data yang diperoleh menggunakan beberapa uji, diantaranya uji validitas, uji reliabilitas dan uji analisis faktor. Pada uji analisis faktor menggunakan uji Kaiser Mayer Olkin (KMO), Bartlett’s Test of Sphericity dan Measure of Sampling Adequacy (MSA). Berdasarkan hasil uji tersebut diperoleh 4 faktor dominan yang mempengaruhi minat nasabah menggunakan produk rahn, yaitu faktor harga, faktor sosial, faktor bukti fisik dan faktor tempat. Kata Kunci: Minat nasabah, Produk Rahn, Analisis Faktor
AbstractionThe research entitled, “Factors Affecting Customers' Interest in Using Rahn Products in BPRS Bhakti Sumekar Sumenep Manding Branch Office”, which aims to find out what factors influence customer interest in using rahn financing products in BPRS Bhakti Sumekar Sumenep Manding Branch Office. This research type of research used is quantitative research. The sample used was customers who used rahn financing products in BPRS Bhakti Sumekar Sumenep Manding Branch Office as many as 100 respondents. Data collected through the questionnaire method using 11 statements. Analysis of data obtained using several tests, including validity test, reliability test and factor analysis test. Test of factor analysis using the Kaiser Mayer Olkin (KMO) test, Bartlett's Test of Sphericity and Measure of Sampling Adequacy (MSA). Based on the test results obtained 4 dominant factors that influence customer interest in using rahn products, namely price factors, social factors, physical evidence factors and place factors. Keywords: Customer interest, Rahn Products, Factor Analysis.