Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Tingkat Literasi Keuangan Nasabah Terhadap Produk Tabungan Emas Pegadaian Syariah
    Penulis : Bahrus Ali
    Dosen Pembimbing I : Firman Setiawan, S.H.I., M.E.I
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Analisis Tingkat Literasi Keuangan Nasabah Terhadap Produk Tabungan Emas Pegadaian Syariah (Studi kasus : nasabah pegadaian syariah kecamatan Ganding kabupaten Sumenep) Literasi keuangan merupakan pengetahuan, keterampilan serta keyakinan yang mempengaruhi sikap dan prilaku seseorang untuk meningkatkan kualitas dalam pengambilan suatu keputusan terhadap produk tabungan emas pegadaian syariah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif analitis. Objek penelitian ini adalah nasabah pegadaian syariah kec. Ganding kab. Sumenep. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semiterstruktur agar dapat menjawab semua pertanyaan yang telah disiapkan dan menggali informasi dari nasabah. Tahapan analisis data dimulai sejak pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nasabah memiliki tingkatan berbeda-beda. Oleh karena itu berdasarkan analisis yang telah dilakukan, literasi nasabah yang termasuk kategori well literate sebanyak 6% dari total nasabah, suffient literateberjumlah 3%, less literate 1% dan 90% dari total nasabah termasuk kategori not literate. Kata kunci : literasi keuangan, tabungan emas, not literate, less literate, suffient literate, well literate

    Abstraction

    ABSTRACT The Analysis of the Level of Customer Financial Literacy on Sharia Gold Pawnshops Savings Products (Case study: sharia mortgage customers in Ganding district, Sumenep district) Financial literacy is the knowledge, skills, and beliefs that influence a person's attitudes and behaviour to improve quality in making a decision on a sharia gold savings product. The type of research used in this study was descriptive analytical qualitative research. The object of this research was the Islamic sharia mortgage customer Ganding district Sumenep. The data collection method used in this study was a semi-structured interview in order to answer all the questions that have been prepared and gather information from the customer. The stages of data analysis began since data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that customers have different levels. Therefor based on the analysis which has been done, customer literacy which includes the well literate category as much as 6% of total customers, suffient literate amounts to 3%, less literate 1% and 90% of total customers includes the not literate category. Keywords: financial literacy, saving gold, not literate,less literate, suffient literate, well literate

Detail Jurnal