Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMBERIAN JAMINAN TERHADAP MINAT KONSUMEN DI AGRO TAWON WISATA PETIK MADU DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
    Penulis : Widiyawati
    Dosen Pembimbing I : Dahruji, S.E.,M.EI
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Pengaruh Pemberian Jaminan Terhadap Minat Konsumen di Agro Tawon Wisata Petik Madu ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam Meningkatkan kualitas pelayanan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan sebuah perusahaan guna mempertahankan pelanggan. Salah satu layanan purna jual yang dapat diterapkan oleh sebuah perusahaan adalah dengan menerapkan sistem jaminan. Jaminan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sebuah perusahaan atas adanya kerusakan produk yang dibelinya sebagai bentuk ganti rugi. Dalam perspektif ekonomi Islam, terdapat khiyar sebagai akad dalam melakukan transaksi jual beli. Dalam Ekonomi Islam, sistem pemberian jaminan dapat dikaitkan dengan teori akad khiyar ‘aib. Rumusan masalah dalam latar belakang tersebut adalah bagaimana penerapan jaminan di Centra Bisnis Agro Tawon Wisata Petik Madu Lawang-Malang, bagaimana pengaruh adanya penerapan jaminan terhadap minat konsumen, dan bagaimana penerapan pemberian jaminan ditinjau dari perspektif Ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian mix method, dimana penelitian ini menggabungkan dua metode penelitian yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Lokasi penelitiannya adalah Centra Bisnis Agro Tawon Wisata Petik Madu Puri Kencana Jalan Dr.Wahidin 8 Desa Bedali Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel utama yaitu variabel independen (X) dan variabel dependen (Y). jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 349 sampel dan teknik sampling yang digunakan metode nonprobability sampling yaitu sampling purposive. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1). Secara deskriptif, responden memberikan jawaban rata-rata dengan baik, 2). Dari uji validitas menunjukkan bahwa semua penyataan valid dan secara reliabilitas secara keseluruhan bersifat reliabel, 3). Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa asumsi terpenuhi secara keseluruhan, 4). Hasil analisi menunjukkan bahwa hipotesis pertama terbukti kebenarannya, karena variabel jaminan berpengaruh signifikan terhadap variabel minat konsumen,karena dalam analisis regresi sederhana tampak bahwa nilai t sebesar 2,883 dengan nilai sig. 0.04. Oleh karena nilai sig. < 0.05 maka variabel jaminan berpengaruh terhadap variabel minat konsumen. 5). Hasil analisis secara kualitatif menunjukkan bahwa penerapan jaminan karena adanya kerusakan barang yang tidak diketahui oleh kedua belah pihak pada saat transaksi berlangsung sesuai dengan akad khiyar ‘aib dalam Ekonomi Syariah. Kata Kunci : Jaminan, Minat Konsumen dan Khiyar ‘aib

    Abstraction

    ABSTRACT The Effect of Guaranteed Assistance on Consumer Interestat Agro Tawon Wisata Petik Madu Review from Islamic Economics Perspective Improving services quality is one of many ways to maintain the customers that a company can do. One of the after-sales services that can be applied by a company is to implement a guarantee system. Collateral is one of responsibility of a company for damage product which bought from its company as a form ofcompensation. From Islamic economics perspective, khiyar is a contracts in buying and selling transactions. In Islamic Economics, the system of guaranteeing can be linked to the theory of the contract khiyar „aib. Theproblem formulation of the background is how the guarantees application at Centra Bisnis Agro Tawon Wisata Petik Madu Lawang-Malang, how the influences of the implementation of guarantees on consumer interest, and how the application of guarantees is viewed from Islamic Economicsperspective. The research method used in this study is field research. The type of research used in this study is the mix method research, which combines two research methods namely quantitative research and qualitative research. The location of the research is Centra Bisnis Agro Tawon Wisata Petik Madu Puri Kencana, Dr.Wahidin 8 Street Bedali Village Lawang District Malang Regency. In this study there are two main variables, namely the independent variable (X) and the dependent variable (Y). There are 349 samples used in this study and the sampling technique used was the nonprobability sampling method, namely purposive sampling. The analysis technique used is the validity test, reliability test, classic assumption test and hypothesis test. The results of the analysis show that 1). Descriptively, respondents gave a good average answer, 2). The validity test shows that all statements are valid and overall reliability is reliable, 3). The classic assumption test results show that the assumptions are fulfilled as a whole, 4). The analysis results show that the first hypothesis is proven true, because the guarantee variable has a significant effect on the variable of consumer interest, because in a simple regression analysis it appears that the value of t is 2,883 with the value of sig. 0.04. Because of the sig value. <0.05, the guarantee variable influences the variable of consumer interest. 5). The results of the analysis qualitatively indicate that the application of guarantee due to damage products that are not known by both parties when the transaction takes place in accordance with the khiyar „aib contract in the Syariah Economy. Keywords : Guarantee, Consumer Interest and Khiyar ‘aib

Detail Jurnal