Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Strategi Manajemen Sumber Daya Insani di Kopotren Basmallah Dalam Membangun Branding SyariahPenulis : Wardatul LathifahDosen Pembimbing I : Dr. Abdur Rohman., S.Ag.,M.EI.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Basmallah merupakan toko ritel yang berasal dari koperasi pondok pesantren Sidogiri di Pasuruan . Basmallah merupakan bentuk toko ritel yang menerapkan manajemen sumber daya manusia sesuai dengan unsur syariah. sehingga mampu membentuk perbedaan dari bisnis ritel yang lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek dari penelitian ini ialah Kopotren Basmallah. Data yang dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan strategi sumber daya insani di kopotren Basmallah meliputi strategi rekrutmen, pelatihan dan motivasi yang diberikan mampu menghasilkan pelayanan yang sesuai dengan syariah islam sehingga Basmallah mampu membangun branding syariah di mata konsumen. Kata Kunci : Sumber Daya Insani, Branding Syariah, Basmallah
AbstractionBasmallah is a retail store that originates from the Sidogiri boarding school cooperative in Pasuruan. Basmallah is a form of retail store that implements management of human resources in accordance with sharia elements so as to form a difference from other retail businesses The method used in this study is a qualitative research method with a descriptive approach. The object of this research is KopotrenBasmallah. Data collected through interviews and documentation. The results of this study can be concluded that in the application of human resource strategies in Basmallah cooperatives covering the strategies of recruitment, training and motivation provided able to produce services that are in accordance with Islamic sharia so that Basmallah is able to build sharia branding in the eyes of consumers. Keywords: Resources, Sharia Branding, Basmallah