Detail Karya Ilmiah
-
STRATEGI PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI KEWIRAUSAHAAN SEKTOR AGRIBISNIS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang)Penulis : Devi Widya Makalis WantiDosen Pembimbing I : Dr. Abdur Rohman, S.Ag., M.EIDosen Pembimbing II :-Abstraksi
ABSTRAK Pondok pesantren dapat dikatakan hidup ditengah-tengah pedesaan. Apalagi di era modern saat ini, sudah banyak pondok pesantren telah mengalami berbagai pengembangan internal yang memungkinkan sebagai peluang pondok pesantren sebagai agen pembangunan dalam rangka memecahkan persoalan sosial ekonomi masyarakat. Seperti halnya, pada pondok pesantren Fathul Ulum Jombang selain mengajarkan ilmu keagamaan juga mengajarkan ketrampilan bagi santri pada kewirausahaan melalui sektor agribisnis. Oleh sebab itu, perlu adanya strategi guna memperdayakan santri dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan dapat mengajarkan kemandirian bagi santri kelak di masyarakat. Maka permasalahan yang dibahas pada penelitian ini, Bagaimana Strategi Pemberdayaan Santri Melalui Kewirausahaan Sektor Agribisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif untuk melihat lebih dalam suatu fenomena sosial yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dapat disimpulkan strategi pemberdayaan yang digunakan pondok pesantren Fathul Ulum ialah bermula dengan menghubungkan sebuah visi. Selanjutnya dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan santri diadakanlah sebuah kegiatan rihlah, setelah santri mulai berminat akan diajarkan sebuah pelatihan. Dengan diadakan pelatihan akan didatangkan kegiatan mentoring guna lebih menumbuhkan jiwa kewirausahaan santri. Setelah santri bisa menjalan kan kegiatan, akan diberikan modal dan difasilitasi. Selanjutnya, santri akan diajarkan dan diberikan bagi hasil setelah mengelola kegiatan kewirausahaan sektor agribisnis. Kata kunci: Pondok Pesantren, Strategi, Pemberdayaan, Agribisnis, Kewirausahaan.
AbstractionABSTRAC Islamic boarding school can be said to have lived in the middle of villages. Moreover in this modern era, most of Islamic boarding schools have internally developed allowing them to be development agents in solving socio-economy problems of society. It is also done by Fathul Ulum Islamic boarding school, Jombang. The school also teaches entrepreneurship on agribusiness sector. Therefore, there is a need of empowering strategy for the students to live in society. The problem to discuss is how empowering strategy of the students done through agribusiness entrepreneurship sector in Islamic economy perspective is. This qualitative research investigates current occurring social phenomenon deeper. Data collection techniques used by interviews and documentation. It can be concluded that empowering strategy implemented in the school is started by correlating a vision. Then, in instilling entrepreneurship within the students, an activity called rihlah is conducted. After the students are interested, a training is given. By this training, an activity to mentor and develop entrepreneurship of the students is given. Then, they are taught and given their shares after managing the sector. Keywords: Islamic Boarding School, Strategy, Empowerment, Agribusiness ,Entrepreneurship