Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PROMOSI DAN LABEL HALAL TERHADAP OMZET PENJUALAN (Studi Kasus Perhimpunan Makanan dan Minuman di Kabupaten Jombang yang Berlabel Halal)
    Penulis : Maulidatul Hidayati
    Dosen Pembimbing I : Dahruji, S.E., M.E.I.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Jumlah UMKM mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Banyak bermunculan perkumpulan pemilik UMKM, salah satunya berada di kabupaten Jombang yang bernama Perhimpunan Makanan dan Minuman Kabupaten Jombang (PERMAMIN kabupaten Jombang). Agar masyarakat dapat mengetahui produk yang diproduksi oleh PERMAMIN kabupaten Jombang, maka diperlukan adanya promosi. Promosi yang diterapkan adalah periklanan, publisitas, promosi penjualan dan promosi perorangan. Selain itu, agar produk dapat diterima masyarakat tanpa adanya keraguan akan kehalalannya, maka anggota PERMAMIN melakukan permohonan sertifikasi halal agar dapat mencantumkan label halal pada produknya. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan label halal terhadap omzet penjualan pada Perhimpunan Makanan dan Minuman Kabupaten Jombang yang berlabel halal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah anggota Perhimpunan Makanan dan Minuman Kabupaten Jombang yang telah memiliki label halal. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala guttman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi dan label halal tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap omzet penjualan. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil pengujian SPSS pada uji f yakni nilai fhitung sebesar 0,855 dan ftabel (dengan k; n - k yakni 2 ; 23 - 2) sebesar 3,47. Nilai fhitung < ftabel maka H1 ditolak artinya variabel promosi dan label halal tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap omzet penjualan. Jika, dilihat dari hasil uji t yaitu pengujian variabel secara individu (Parsial) pada kedua variabel yaitu promosi dan label halal tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap omzet penjualan. Dengan hasil perbandingan nilai thitung variabel promosi sebesar 1,204 dan ttabel (dengan a/2; nk-1 yakni 0,05/2 ; 23-2-1) sebesar 2,08596 yang berarti H2 ditolak, kemudian nilai dari thitung label halal sebesar 0,405 dengan ttabel 2,08596. Artinya, kedua variabel yaitu promosi dan label halal tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap omzet penjualan. Kata kunci : Promosi, Label halal, Omzet Penjualan.

    Abstraction

    The total of UMKM has increased from year to year. Many groups of UMKM owners appear, one of them in Jombang Regency namely the Association of Food and Beverage in Jombang Regency (commonly called PERMAMIN Jombang Regency). So the society can know about the product which is produced by PERMAMIN in Jombang Regency, hence the promotion is required. The promotion which is applied is advertising, publicity, sales promotion and individual promotion. In addition, in order to the product can be accepted by the society without any doubt about its legal, so PERMAMIN members do the appeal of halal certification in order to be able to includee a halal label on the product. The research which is conducted by the writer purposes to find out the effect of promotion and halal label at the sales turnover in the association of food and beverage in Jombang Regency which has labeled halal. The research method which is used is quantitative research with a case study approach. The respondent in this research is the member of the association of food and beverage in Jombang Regency which has labeled halal. The technique of collecting the data is by using questionnaire and using the guttman scale. The result of this research shows that the variable of promotion and halal label have not a significant effect to the sales turnover. This case is proved by the existence of test result SPSS at the f test, it is fcount of 0,855 and ftable (with k; n - k is 2 ; 23 - 2) of 3,47. The value of fcount < ftable so H1 is rejected, it means that the variable promotion and halal label have not a significant effect at the sales turnover. If, it is viewed from the t test, it is the test of the variable individually (partial) at both of the variable, it is promotion and halal label have not an effect partially at the sales turnover. By the result of the comparison, the value of tcount the variable promotion is amount of 1,204 and ttable (with a/2; n-k-1 is 0,05/2 ; 23-2-1) is amount of 2,08596, it means that H2 is rejected, then the value of tcount in halal certification is amount of 0,405 with the ttable 2,08596. The meaning is both of the variable, it is promotion and halal label have not a significant effect to the sales turnover. Keywords: Promotion, Halal label, Sales turnover.

Detail Jurnal