Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    ABSTRAK Kartu sibijak merupakan salah satu produk sekaligus kartu member yang dikeluarkan oleh pihak BMT untuk memudahkan nasabah berbelanja di swalayan NU. Cara yang dilakukan BMT NU dengan membuat kartu sibijak yaitu agar nasabah lebih setia (loyal) pada BMT NU. Karena pada saat ini banyak lembaga yang ingin memiliki nasabah yang loyal. Sehingga penulis tertarik untuk meneliti bagaimana pengaruh fasilitas kartu sibijak terhadap loyalitas nasabah BMT NU Gapura. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data yang dikumpulkan melalui metode kuisioner yang terdiri dari 87 responden dari 692 nasabah BMT NU Gapura yang menggunakan kartu sibijak dengan menggunakan metode random sampling untuk mengetahui jawaban responden. Kemudian dilakukan analisis dari data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif yang meliputi uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas), uji regresi linear sederhana, uji korelasi, uji determinasi dan uji T. Hasil penelitian ini berdasarkan perhitungan dari regresi linear sederhana Y = 12,086 + 0,504X dapat dijelaskan bahwa kartu sibijak terhadap loyalitas nasabah berpengaruh positif yang berarti memiliki hubungan searah. Dibuktikan juga dari hasil nilai R2 sebesar 0,417 atau 41,7 % kartu sibijak terhadap loyalitas nasabah dan sisanya 58,3 % dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil uji tersebut diperoleh hasil yaitu kartu sibijak memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas nasabah BMT NU Gapura. Kata Kunci : BMT NU Gapura, Kartu Sibijak dan Loyalitas Nasabah.

    Abstraction

    ABSTRACT The sibijak card is one of the products made by BMT as member card for customers to facilitate them to make an easier transaction in NU mart. Through the sibijak card, the members are expected to own loyalty for BMT NU as done by other institutions. This researcher is interested to conduct research how the facilities sibijak card effect to costomer loyalty of Gapura BMT NU. This study is categorized as a quantitave research as in conducting the research, the researcher obtains the data using guestionnaire method consisting of 117 respondents from 692 customers of Gapura BMT NU. That apply the sibijak cards, and the method ramdom is used to know the answers of respondent. Then, the data is analysis using validity, reability, classic assumsion, simple linear regresi, determination, correlation, and T test. The result of the research based on the counting from the simple linear regression Y = 12,086 + 0,504X can be explained that the sibijak card to the customer loyalty having linear correlation positive effect. It is proved from the score R2 is 0,417 or 41,7% of the sibijak card to customer loyalty and the remains is 58,3% is influenced by other variabels. Based on the test result in which the sibijak card applied has positive effect to customer loyalty of Gapura BMT NU. Key Words : Gapura BMT NU, Sibijak Card, and Customer Loyalty.

Detail Jurnal