Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    ABSTRAK Analisis Jual Beli Furniture pada CV. Mebel Jati Jepara dengan Para Pengrajin Mebel di Kabupaten Jepara ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam Berkembangnya usaha mebel pada saat ini membuat banyak pengusaha yang tertarik dalam bidang usaha ini.Salah satunya adalah CV. Mebel Jati Jepara. Perusahaan ini meminta untuk dibuatkan produk furniture kepada para pengrajin mebel dengan spesifikasi barang, harga dan waktu yang sudah disepakati antara keduanya. Tetapi para pengrajin mebel sering melakukan keterlambatan barang sehingga tidak sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: 1) Bagaimanakah konsep jual beli furniture pada CV. Mebel Jati Jepara dengan para pengrajin mebel di Kabupaten Jepara? Dan 2) Bagaimanakah jual beli furniture pada CV. Mebel Jati Jepara dengan para pengrajin mebel di Kabupaten Jeparaditinjau dari perspektif ekonomi islam? Metode penelitian yang digunakan, mengacu pada pendekatan deskriptif kualitatif dengan objek penelitian adalah CV. Mebel Jati Jepara dengan para pengrajin mebel di Kabupaten Jepara. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, analisis data penelitian ialah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan sedangkan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta uji keabsahan data menggunakan uji credibility (validitas interbal) melalui cara triangulasi. Dalam penelitian ini hasil penelitian berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa konsep jual beli furniture pada CV. Mebel Jati Jepara dengan para pengrajin mebel dengan cara membayar dimuka sebanyak 30% dan pelunasannya dibayar kembali jika barang sudah diselesaikan , juga produktivitas islam terbagi menjadi 3 meliputi efisiensi dengan penemuan berupa halal input outputnya, bermanfaat bagi semua makhluk, tidak semangat dalam bekerja dan memanfaatkan bahan yang masih bisa dipakai. Efektivitas yaitu (al-Kafa>’ah ) memantau secara langsung, (al-Fahm) konsepsi dan tujuan sudah ditentukan dan (al-Tandzhim) membagi tugas sesuai tugasnya. Dan kualitas yaitu bernilai, memberikan pelayanan yang ramah (amanah) dan manfaat yaitu bermanfaat bagi masyarakat dan tidak menimbulkan kemadharatan. Kata Kunci: Jual Beli, Produktivitas Islam, Efisiensi.

    Abstraction

    ABSTRACT An analysis of Furniture Buying and Selling on CV. Mebel Jati Jepara with Furniture Craftsmen in Jepara Regency in terms of Islamic Economic Perspective The development of furniture business at this time made many entrepreneurs interested in this business. One of them is CV. Mebel jati jepara. This company requested to make furniture products to furniture craftsmen with specifications of goods, prices and time that was agreed both of them .On the other hand,furniture craftsmen often delay items so that they are not in accordance with the previous agreement. This study aims to answer the questions: 1) What is the concept of buying and selling furniture on CV. Mebel jati jepara with furniture craftsmen in Jepara Regency? And 2) How are buy and sell furniture on CV. Mebel jati jepara with furniture artisans in Jepara Regency viewed from an Islamic economic perspective? The research method that used, refers to the qualitative descriptive approach with the object of research is CV. Mebel jati jepara with furniture craftsmen in Jepara Regency. Sources of data in this research are primary data and secondary data, research data analysis are data reduction, data presentation, conclusion drawing while data is obtained through interviews, observation and documentation as well as the validity test of the data using credibility test (interval validity) through triangulation. The result of this research based on the discussion can be concluded that the concept of buying and selling furniture on CV. Mebel Jati Jepara by paying 30% to furniture craftsmen and they pay back if the item is already completed, also the productivity of islam is divided into 3 include efficiency with finding halal input and output, give benefits for all sentient beings, not passion in work and make use of materials that can still be worn. The effectiveness is (al-Kafa>’ah) which monitor directly, conception and purpose of (al-Fahm) is already determined and (al-Tandzhim) divide tasks according to his duties. And quality that is valued, providing friendly service (amanah) and benefits that is beneficial to the community and do not cause kemadharatan. Keywords: Buying and Selling, Islamic Productivity, Efficiency.

Detail Jurnal