Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Strategi Pemasaran Melalui Terapi Gratis Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Agro Tawon Wisata Petik Madu Lawang Malang)
    Penulis : A'yunina Amaliah
    Dosen Pembimbing I : Dr. Abdur Rohman, S.Ag., M.E.I
    Dosen Pembimbing II :-
    Abstraksi

    Dalam menyusun strategi pengembangan bisnis, setiap perusahaan akan menciptakan berbagai macam strategi untuk memenangkan pasar. Strategi yang umum digunakan dalam pengembangan bisnis yaitu strategi pemasaran. Seperti halnya Agro Tawon Wisata petik Madu yang menerapkan Bee Venom Therapy (Terapi Sengat Lebah) secara gratis sebagai strategi pemasaran. Namun, yang menjadi permasalahan dalam hal ini adalah tentang pemanfaatan lebah yang dijadikan sebagai media terapi, karena lebah akan mati setelah melakukan sengatan, sehingga hal tersebut akan merugikan hewan. Maka, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah strategi pemasaran melalui terapi gratis dengan memanfaatkan lebah sebagai media terapi tersebut telah sesuai dengan etika bisnis islam atau tidak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, bersifat analisis deskriptif. Data primer dari penelitian ini adalah dari Bapak Hariyono selaku Manager Agro Tawon Wisata Petik Madu, sedangkan data sekunder dari penelitian ini adalah pegawai ataupun pengunjung yang pernah melakukan Bee Venom Therapy (Terapi Sengat Lebah) di Agro Tawon Wisata Petik Madu, selain itu dokumen-dokumen yang berhubungan dengan Terapi Sengat Lebah serta literature lain untuk memperkuat dan melengkapi informasi yang ada. Hasil dari penelitian adalah Bee Venom Therapy yang dijadikan sebagai strategi pemasaran ini betujuan untuk menarik pengunjung untuk datang ke Agro Tawon Wisata Petik Madu. Karena dengan semakin banyak pengunjung yang datang, dapat diyakini Agro Tawon Wisata Petik Madu menjadi semakin terkenal dikalangan masyarakat. Strategi pemasaran dengan memanfaatkan lebah sebagai media terapi ini tidak bertentangan dengan etika bisnis islam. Kata Kunci: Bee Venom Therapy, Strategi Pemasaran, Etika Bisnis Islam.

    Abstraction

    In developing a business development strategy, each company will create various strategies to win the market. Strategies commonly used in business development are marketing strategies. Such us Agro Tawon Wisata Petik Madu, in wich it applies Bee Venom Therapy for free as one of it marketing strategies. However, the problem from this case is about the using of bees that are used as a therapeutic medium. Because the bee will die after stinging, so it will damagethe animals. So, this research was conducted to analyze whether the marketing through free therapy by utilizing bees as a therapeutic medium is in accordance with Islamic business ethics or not. This research is a type of qualitative research, which is descriptive analysis. The primary data from this study is from Mr. Hariyono as Manager of Agro Tawon Wisata Petik Madu, while secondary data from this study is employees or visitors who ever did the Bee Venom Therapy at Agro Tawon Wisata Petik Madu, beside it,the documents that related to Bee Venom Therapy and other literature to strengthen and complete the information wich exist. The results of this research are Bee Venom Therapy wich is used as a marketing strategy is aimed to attracting visitors to come in Agro Tawon Wisata Petik Madu. because whe there are a lot of visitors coming, it can be convinced to the other people that Agro Tawon Wisata Petik Madu becomes the most famous place among the society. The marketing strategy by utilizing bees as a therapeutic medium has does not conflict with islamic business ethics Keyword: Bee Venom Therapy, Marketing Strategy, Islamis Business Ethics.

Detail Jurnal